Sukses

Harga Emas Turun ke Level Terendah Sebulan

Harga emas turun lebih dari 1 persen ke level terendah satu bulan

Liputan6.com, Jakarta Harga emas turun lebih dari 1 persen ke level terendah satu bulan. Sementara paladium merosot hampir 9 persen pada hari Selasa, karena tanda-tanda kemajuan dalam pembicaraan damai Rusia-Ukraina mengurangi permintaan untuk logam mulia.

Dilansir dari CNBC, Rabu (30/3/2022), harga emas di pasar spot turun 0,54 persen menjadi USD 1.912,82 per ounce. Harga emas berjangka AS turun 1,5 persen menjadi USD 1.910,70.

Perak dan platinum masing-masing turun 1,1 persen menjadi USD 24,56 per ounce dan USD 973,84.

"Kami melihat penurunan bebas pada logam setelah potensi penurunan eskalasi besar dari Rusia memberikan percikan besar untuk selera risiko dan optimisme bahwa kami dapat melihat potensi berakhirnya perang ini," kata Edward Moya, analis pasar senior di OANDA.

Moskow telah memutuskan untuk secara drastis menghentikan aktivitas militernya di sekitar Kyiv dan Chernihiv di Ukraina, salah satu wakil menteri pertahanan mengatakan setelah pembicaraan antara tim Rusia dan Ukraina di Istanbul.

Harapan untuk mengakhiri konflik yang sekarang di bulan kedua mengangkat sentimen risiko di pasar keuangan yang lebih luas.

Patokan imbal hasil obligasi 10-tahun bertahan di dekat tertinggi multi-tahun di tengah taruhan untuk kenaikan suku bunga agresif oleh Federal Reserve untuk melawan inflasi yang melonjak.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Suku Bunga The Fed

Harga emas sangat sensitif terhadap kenaikan suku bunga AS, karena mereka meningkatkan biaya peluang memegang emas batangan yang tidak memberikan imbal hasil.

Phillip Streible, kepala strategi pasar di Blue Line Futures di Chicago, memperkirakan "emas akan berlabuh di sekitar USD 1.900 saat ini."

"Pembicaraan ini bisa berantakan dan Anda bisa melihat emas reli kembali ke level USD 1.950," kata Streible.

Spot paladium turun 5,1 persen menjadi USD 2,120,56 per ounce, setelah jatuh ke level terendah sejak 21 Januari di USD 2,032,97 di awal sesi.

Logam auto-katalis telah jatuh hampir 40 persen sejak mencapai puncak sepanjang masa pada 7 Maret karena kekhawatiran pasokan dari Rusia mereda.

“Apa pun yang keluar dari Rusia dan khawatir tentang gangguan pasokan telah terkoreksi lebih rendah, termasuk paladium,” kata Streible.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.