Sukses

Cerita Horor: Restoran Mewah Rp 15 Miliar di Yogyakarta yang Kini Jadi Kerajaan Setan

Liputan6.com, Jakarta Cerita horor kali ini dari Yogyakarta. Kota ini menjadi salah satu yang tidak pernah bosan untuk dikunjungi. Kuliner hingga wisata sejarah menjadi salah satu ciri khas yang ditawarkan kota ini.

Namun, dibalik cerita serunya Yogyakarta, banyak sejumlah tempat yang juga menyimpan kisah mistis. Bagi yang tinggal di Yogyakarta, atau yang sering berkunjung ke Yogyakarta, pernah mengunjungi Jiwangga Resto?

Dikutip Liputan6.com dari Dream.com dan sumber lainnya, Sabtu (19/2/2022), pada 2017, ini menjadi salah satu restoran mewah di Yogyakarta. Bagaimana tidak, restoran yang dibangun dari 2013 hingga akhirnya dibuka 2017 ini, digadang-gadang menelan dana hingga Rp 15 miliar.

Konsep restorannya sendiri yaitu Kerajaan Mataram Kuno. Sejumlah patung menghiasi berbagai sudut rumah makan ini.

Gerbang masuknya sendiri, terdapat patung ular/naga di sisi kanan dan kiri. Konsep yang unik ini, menjadikan Jiwangga Resto selain menjadi tempat makan, juga menjadi lokasi berfoto-foto ria yang pas.

Adapun menu makanan yang ditawarkan saat itu, mulai dari Gurame Bakar Jiwangga hingga Mie Goreng Jawa Seafood. Harganya pun bervariatif, mulai dari Rp 35 ribu hingga ratusan ribu.

Saking viralnya saat itu, tak jarang artis-artis lokal hingga nasional menyempatkan mampir ke restoran yang terletak di Kalurahan Purwomartani, Kalasan, Sleman.

 

2 dari 3 halaman

Penampakan

Lain dulu, lain sekarang. Restoran mewah nuansa kerajaan itu kini terbengkalai. Bangunan bernuansa jawa yang penuh dengan ukir-ukiran tersebut kini ditumbuhi tanaman-tanaman liar. Pendopo yang dulu menjadi lokasi terbaik untuk menikmati makanan, kini justru jadi tempat paling horor.

Dream.com sendiri mengutip dari channel Youtube Sang Explore, menurut kabar yang beredar, restoran tersebut harus berhenti beroperasi lantaran adanya masalah sejak 2019.

Kondisinya kini semua sudah ditumbuhi lumut dan tanaman liar. Bangunan mirip Kerajaan Majapahit itu seakan mulai terkikis.

Sang Explore sendiri, dalam videonya, membagi pengalaman menjelajahi lokasi ini di malam hari. Banyak hal mistis yang dialami selama penelusuran. Salah satunya ketika dirinya ada di pendopo komplek ini.

"Aku di sini melihat bola hitam keluyuran, ya Allah," ucapnya sambil ketakutan.

"Saya di sini, telinga saya ada yang niup kencang sekali, lemes saya," tegas dia yang menjelajahi tempat itu seorang diri.

 

3 dari 3 halaman

Nyi Roro Kidul

Dalam pengakuannya, banyak sejumlah spot di lokasi yang dikeramatkan masyarakat sekitar. Salah satunya patung yang digadang-gadang perwujudan Nyi Roro Kidul.

Yang lebih membuat suasana makin mistis, di tengah bekas restoran tersebut, terdapat pohon beringin yang cukup besar. Disinlah yang disebut-sebut menjadi pusat mistisnya.

Konon, dari sebelumnya lokasi tersebut sebagai Kerajaan Mataram Kuno bagi pengunjung restoran, kini menjadi kerajaan setan.