Sukses

Lagi Naik Daun, Yuk Kenali 6 Marketplace NFT Karya Anak Bangsa

Platform penjualan Non Fungible Token (NFT) tengah naik daun. Hal ini lantaran publik dihebohkan dengan fenomena Ghozali Everyday.

Liputan6.com, Jakarta Platform penjualan Non Fungible Token (NFT) tengah naik daun. Hal ini lantaran publik dihebohkan dengan fenomena Ghozali Everyday.

Seakan latah, sejumlah pihak langsung menjual foto-foto selfie mereka di platform NFT OpenSea. Bahkan, ada yang menjual foto selfie bersama KTP. 

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Jhonny G. Plate memastikan pihaknya telah memerintahkan jajaran terkait untuk mengawasi kegiatan operasi platform yang memfasilitasi transaksi NFT. Untuk pengawasan ini, Kominfo akan berkoordinasi dengan Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) selaku lembaga berwenang dalam tata kelola perdagangan aset kripto.

Menanggapi masalah tersebut, CEO PT Toko Karya Digital (TokoNFT.io) Agung Pratomo, mengaku miris dengan aksi jual foto selfie KTP tersebut. Menurutnya, create gambar yang bersifat privasi seperti foto identitas pribadi ini, bertentangan dengan peraturan. 

"Sebagai marketplace NFT dengan teknologi web 3.0 di Indonesia yang berada di jaringan Binance Smartchain, TokoNFT dapat memfilter NFT yang minting atau create gambar privasi seperti Identitas pribadi," kata Agung dalam keterangannya, seperti ditulis Rabu (19/1/2022).

Karena itu, lanjut Agung, Indonesia harus memiliki marketplace NFT yang bisa sejalan dengan peraturan Pemerintah untuk memfilter konten-konten sensitif atau hal-hal yang bersifat privasi.

’’Dengan adanya marketplace NFT di Indonesia, tentunya akan lebih mudah untuk mengontrol konten-konten NFT dan akan sejalan dengan perundang-undangan yang ada,’’ ujarnya.

 

 

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Daftar Marketplace NFT Karya Anak Bangsa

Lalu, sudah berapa banyak marketplace NFT karya anak bangsa yang sudah terdaftar di Indonesia? Berikut daftarnya:

1. TokoNFT.io

Tidak hanya sebagai marketplace NFT, TokoNFT yang berada di jaringan Binance Smartchain membangun dunia virtual yakni Metaverse. Di metaverse TokoNFT, pengunjung bisa masuk dan berinteraksi dengan berbagai layanan yang diberikan diantaranya art, music, gaming dan NFT.

Metaverse di TokoNFT akan menjadi tempat di mana orang-orang dapat berinteraksi, membuat pameran tunggal, berkreasi hingga melakukan pertunjukan melalui dunia virtual. TokoNFT menggunakan teknologi blockchain dan teknologi Web 3.0 untuk masuk ke dunia Metaversenya.

2. Paras.id

Marketplace NFT ini dibangun di atas teknologi blockchain yang menawarkan kepemilikan sejati dan kelangkaan digital. Paras menggunakan cryptocurrency NEAR sebagai media pertukaran antara pencipta dan kolektor untuk mendukung transaksi lintas batas.

3. Kolektif.com

Jika Anda adalah penggemar atau pemain basket maka, pilihlah IBL NFT Marketplace. NFT IBL (Indonesia Basketball League) adalah suatu platform dokumentasi dari aksi-aksi terbaik dari para pemain basket IBL selama berlaga di lapangan pada kompetisi musim 2021. Nah, aksi-aksi ini nantinya dikelola lalu dijadikan sebagai merchandise. Setiap produk NFT IBL mempunyai keunikan dan karakteristik sendiri.

4. TokoMall.io

TokoMall mendukung para artis, creator dan merek lokal untuk menduniakan produk mereka. Sesuai dengan motonya yakni jembatan dunia digital dan dunia nyata, TokoMall membuat NFT dapat menebus barang fisik dari mitra eksklusifnya.

5. Enevti.com

Enevti adalah platform terdesentralisasi yang dapat membantu para penggemar berhubungan nyata dengan para influencer mereka. Di Enevti, NFT bisa ditebus dengan protocol pembiayaan creator. Dengan adanya Enevti, hubungan fans dengan creator favorit mereka menjadi lebih dalam dan nyata.

6. Babiola.com

Baliola adalah proyej kepeng.io cryptocurrency berbasis teknologi blockchain yang menjual berbagai produk seniman Bali dengan mekanisme NFT. Baliola ini diinkubasi oleh Badan Ekonomi Kreatif Denpasar. Nantinya, Baliola di desain tidak hanya menjual produk seniman saja melainkan juga setiap user yang menjadi penjual akan divalidasi terlebih dahulu dan dibuatkan halaman sendiri. Sehingga, para penjual bisa membuat etalase produk-produknya sendiri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Non-Fungible Token atau NFT adalah berkas digital yang identitas dan kepemilikannya unik diverifikasi pada rantai blok (buku besar digital)
    Non-Fungible Token atau NFT adalah berkas digital yang identitas dan kepemilikannya unik diverifikasi pada rantai blok (buku besar digital)

    NFT

  • Aset kripto digunakan sebagai investasi komoditi yang dapat diperdagangkan di bursa berjangka.

    Kripto

  • Cryptocurrency