Sukses

Bertemu Erick Thohir, Tukang Tato Cerita Pilih Jadi Petani Bunga Gara-gara Program BUMN

Liputan6.com, Jakarta Menteri BUMN, Erick Thohir berkunjung ke Kelompok Tani Pasar Wisata Bunga Sekar Mulyo, Batu, Malang di Jawa Timur.

Pada kunjungannya, Erick menyempatkan memberikan pendampingan khusus kepada anggota kelompok tani.

Di lokasi ini, Erick sempat menemui Rupai, salah satu petani bunga yang merasakan dampak positif dari program BUMN.

"Saya dulu buat tato jalanan, tapi lebih enakan menanam, karena hasilnya. Kalau bikin tatokan paling sebulan, seminggu sekali. Kalau bunga ditekunin Alhamdulilah setiap hari ada," ujar Rupai saat ditemui Erick Thohir pada Minggu (16/1/2022).

Seperti diketahui, Erick memiliki program untuk memperluas pasar bagi petani bunga. Melalui platform pamasaran digital yang dimiliki PT BRI (Persero) Tbk yakni Pasar.ID, yang membuat pelaku industri bunga akan lebih diakomodir dengan pembuatan katalog khusus.

Erick pun terharu saat mendengar jawaban dari Rupai. Karena selain mampu menambah hasil pemasukannya, menanam bunga juga bisa membawa kebermanfaatan untuk yang lainnya.

"Dan kalau bunga juga ada berkahnya. Karena kalau bunga tentu kita berkontribusi padaalam dengan merawat tumbuhan," ujar Erick.

 

2 dari 2 halaman

Apresiasi Erick Thohir

Dia pun mengucapkan banyak terima kasih kepada Kelompok Tani Sekar Mulyo yang telah mau berjuang membesarkan industri tanaman hias di Indonesia.

Mengingat, berdasarkan data dari BUMN, 45 persen pasar tanaman hias Indonesia berasal dari Jawa Timur.

Erick juga berharap agar petani bunga di komunitas bisa terus bekerja keras dan sungguhsungguh. Sehingga nama Indonesia juga akan harum di kancah dunia.