Sukses

Top 3: Penampakan Bendungan Terindah di Indonesia

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam waktu dekat akan meresmikan Bendungan Bintang Bano di Desa Bangkat Monteh, Kecamatan Brang Rea, Kabupaten Sumbawa Barat, NTB.

Bendungan dengan kapasitas tampung 76,2 juta m3 ini dipastikan rampung sejak akhir tahun lalu. Digadang-gadang, bendungan ini akan menjadi salah satu bendungan terindah di Indonesia.

Berita mengenai penampakan Bendungan Bintang Bano ini paling banyak dibaca. Selain itu, masih ada berita lain yang tak kalah menari, seperti soal Ibu Kota Negara hingga kabar terbaru hubungan pengusaha dengan buruh.

Berikut daftar berita yang paling banyak dibaca di kanal Bisnis Liputan6.com, Jumat (14/1/2022):

1. Siap Diresmikan Jokowi, Intip Penampakan Bendungan Terindah di Indonesia

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam waktu dekat akan meresmikan Bendungan Bintang Bano di Desa Bangkat Monteh, Kecamatan Brang Rea, Kabupaten Sumbawa Barat, NTB. Bendungan dengan kapasitas tampung 76,2 juta m3 ini dipastikan rampung sejak akhir tahun lalu.

Vice President Operation and Business Development Division, Gagah Guntur Aribowo, menyampaikan Indra Karya berperan sebagai Konsultan Konstruksi Bendungan Bintang Bano. Indra Karya terlibat mulai dari pengerjaan Feasibility Study (FS) atau studi kelayakan ejak 2006, detail desain, kajian AMDAL, sertifikasi desain hingga pekerjaan supervisi konstruksi.

“Kemudian Indra Karya juga turut dalam pekerjaan Detail Engineering Desain (DED), Kajian AMDAL dan Sertifikasi Desain pada tahun 2009 dan pekerjaan supervisi konstruksi yang dimulai sejak November tahun 2015 hingga Desember 2021. Pada akhir bulan Desember 2021 progress pembangunan telah selesai 100 persen sehingga dalam waktu dekat sudah siap untuk diresmikan Presiden Joko Widodo,” jelas Gagah, dalam keterangan, Kamis (13/1/2022).

Baca artikel selengkapnya di sini

2 dari 3 halaman

2. Ibu Kota Baru Bakal Punya Peluncur Pesawat Kecepatan Super, RI-AS Cuma 2 Jam

Menteri Negara Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/ Kepala Bappenas Suharso Monoarfa, mengatakan Ibu Kota Baru Indonesia diminta Space Exploration Technologies Corporation (SpaceX), perusahaan yang didirikan oleh Elon Musk sebagai tempat peluncuran pesawat terbang berkecepatan luar biasa.

Hal ini disampaikan Suharso dalam rapat kerja dengan Pansus Rancangan Undang-undang (RUU) Ibu Kota Negara (IKN) di Gedung DPR, Kamis (13/1/2022).

"Sebagai contoh mungkin ketua pansus sudah datang ke SpaceX di LA, di sana mereka minta Indonesia salah satu titiknya mereka itu di IKN, selain Biak, untuk tempat peluncuran pesawat terbang dengan kecepatan luar biasa," kata Suharso.

Tentu permintaan tersebut akan berdampak sangat positif bagi Indonesia. Sehingga Indonesia akan mendapatkan akses transportasi khusus menuju Amerika Serikat (AS) dengan durasi penerbangan yang singkat.

Baca artikel selengkapnya di sini

3 dari 3 halaman

3. Kadin dan 6 Serikat Buruh Sepakat Akhiri Polemik soal UMP

Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia bersama enam konfederasi serikat buruh terbesar di Indonesia menggelar petemuan membahas muara polemik keduanya. Hasilnya, keduanya sepakat akan membicarakan kesejahteraan buruh kedepannya.

Ketua Umum Kadin Indonesia, Arsjad Rasjid mengatakan, melalui dialog sosial ini kesejahteraan merupakan tanggung jawab semua pihak.

 "Kita bicara gima a kesejahteraan buruh, karena bagian dari tanggung jawab kita bersama untuk hadirnya kesejahteraan," katanya dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis (13/1/2022).

Dialog antara pengusaha dan buruh ini juga disebut Arsjad bukan cuma sebagai seremonial. Artinya, akan ada langkah lanjutan yang akan dilakukan.

Baca artikel selengkapnya di sini