Sukses

Sambut Nataru, Menhub akan Siapkan Tes Antigen Harga Terjangkau Bagi Penumpang Kapal Laut

Menhub Budi Karya Sumadi mengatakan akan menggratiskan rapid test antigen bagi penumpang kapal laut yang belum sempat melakukan tes.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi memimpin Apel Bersama Kesiapan moda transportasi jelang Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 (Nataru). Apel yang dipimpin oleh mehub ini dilakukan  di Terminal Penumpang Nusantara Pura, Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Minggu (12/12/2021).

Dalam sambutannya, Menhub Budi Karya Sumadi mengatakan akan menyiapkan tes antigen dengan harga terjangkau bagi penumpang kapal laut yang belum sempat melakukan tes. Selain itu juga akan menyediakan vaksin gratis bagi penumpang yang belum divaksin 2 kali.

"Kami akan mengawal dari pelabuhan keberangkatan melakukan suatu checking terhadap Pedulilindungi, apakah yang bersangkutan sudah melaksanakan vaksin 2 kali, apakah yang akan berangkat sudah menjalani tes antigen. Kalau tidak, Saya minta kepada Pelindo, Pelni dan insan perhubungan juga TNI POLRI menyediakan vaksin secara gratis," kata Menhub Budi.

Penyediaan dan pemberian vaksin secara gratis supaya petugas di lapangan mampu memantau pergerakan penumpang kapal laut dengan baik.

Selain itu, Menhub juga menghimbau kepada jajarannya dan stakeholder seperti supaya melakukan pengamatan. Lantaran perjalanan melalui laut biasanya berlangsung beberapa hari. Jika ditemukan penumpang yang mengalami suatu gejala maka dapat dilakukan tindakan yang cepat memberikan pertolongan kepada yang bersangkutan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Daerah yang Banyak Pergerakan

Lebih lanjut, Menhub menyebut jumlah penumpang yang menggunakan angkutan laut terbilang kecil yakni 1,2 persen dibanding moda angkutan lain.

"Memang jumlah yang kalau dari persentasi sedikit tapi kalau dari jumlah orang yang bergerak itu cukup banyak mencapai hampir 2 juta orang, dan oleh karenanya Saya minta kepada semua pihak terutama rekan-rekan yang bertugas di lapangan minta tolong kepada TNI Polri untuk mensupport kegiatan ini," tegasnya.

Menhub juga meminta agar petugas di lapangan lebih memperhatikan daerah seperti Batam, Medan, NTT, Sulawesi Utara, Maluku, Papua, karena banyak terjadi pergerakan yang lebih dari biasanya.

"Oleh karenanya, Saya meminta agar melakukan replanning tentang kemungkinan- kemungkinan terjadinya lonjakan penumpang di tempat-tempat tersebut," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.