Sukses

Catat, Pertumbuhan Ekonomi RI Konsisten di Atas Global Selama 20 Tahun

Liputan6.com, Jakarta Indonesia dikatakan memiliki catatan positif dalam 20 tahun terakhir dengan mencatatkan pertumbuhan ekonomi diatas pertumbuhan ekonomi global. Hal ini dipandang menjadi modal penting dalam gelaran Presidensi G20 di Indonesia.

Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan Febrio Nathan Kacaribu mengatakan Indonesia jadi salah satu diantara tiga negara yang tetap konsisten ekonominya tumbuh di atas pertumbuhan ekonomi global. Yakni, bersama China dan India.

“Selalu kita diatas ekonomi global, itu yang membuat posisi indonesia semakin kuat dan strategis, dan sangat diperhitungkan mulai dari sekarang, karena selalu konsisten,” kata dia dalam webinar Presidensi G20, Manfaat bagi Indonesia dan Dunia, Senin (6/12/2021).

Dengan demikian, Indonesia, China dan India menjadi leader pertumbuhan ekonomi dengan rata-rata pertumbuhan ekonomi global sekitar 2 persen per tahun.

“Indonesia paling tidak 15-20 tahun tumbuh konsisten sekitar 5 sampai enam persen. ini modal pertama kita, jelas dilihat banyak negara dan sadar akan keunggulan kita,” katanya.

Dengan begitu, Indonesia berada pada posisi confidence dengan menunjukkan tanah air sebagai salah satu dari pemimpin pertumbuhan ekonomi global.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Tantangan

Lebih lanjut, Febrio menyampaikan dengan presidensi G20 di Indonesia membawa tantangan tersendiri dalam menjalankannya. Setelah Arab Saudi pada 2020 lalu menggelar G20 yang telah menyiapkan seluruh infrastruktur penunjang, ternyata dihantam dengan pandemi Covid-19, sehingga diharuskan menggelar secara virtual.

Sementara, tantangan serupa juga dialami presidensi G20 oleh Italia yang menggelar acara ditengah pandemi. Dalam pelaksanaannya membawa banyak plus minus. Tantangan juga ternyata diprediksi ada dalam gelaran Presidensi G20 di Indonesia sepanjang tahun 2022.

“Tantangan bagi leadership Indonesia ini sangat besar. Kita angkat tema yang sangat optimis yang sangat besar, namanya Recover Together, Recover Stronger, nah ini menjadi pesan yang sangat dalam bagi kita semua dan bagi global juga, bahwa ketika ingin pulih, pulihnya harus bersama-sama, kalau tidak bersama, itu tidak mungkin,” tutur Febrio.

“Karena penyebab krisis kita adalah kesehatan. Apa persisnya? Virus, obatnya belum ada, saat ini hanya bergantung pada tingkat vaksinasi,” imbuhnya.

Tantangan dari virus ini menyebabkan penularan yang tidak merata. Serta penyebaran vaksin yang juga tidak merata di berbagai negara. Dalam konteks ini, leadership Indonesia kembali ditantang dan sangat dibutuhkan untuk bisa ditunjukkan kepada dunia.

“Untuk kepentingan indonesia, untuk kepentingan negara berkembang khususnya banyak negara miskin seperti afrika yang belum sampai 10 persen vaksinasinya, kita lumayan sudah 35 persen vaksinasi kita,” katanya.

  • Pertumbuhan ekonomi adalah suatu keadaan di mana ekonomi mulai tumbuh dan mengalami perkembangan.
    Pertumbuhan Ekonomi
  • Ekonomi adalah ilmu tentang asas-asas produksi, distribusi, dan pemakaian barang-barang serta kekayaan.
    ekonomi
  • Kementerian Keuangan merupakan salah satu kementerian negara di lingkungan Pemerintah Indonesia yang membidangi urusan keuangan negara.
    Kementerian Keuangan