Sukses

Top 3: Dampak Gunung Semeru Meletus

Artikel mengenai dampak letusan Gunung Semeru ini menjadi salah satu artikel yang banyak dibaca.

Liputan6.com, Jakarta Gunung Semeru mengalami erupsi yang disertai awan panas guguran dan hujan abu vulkanik tebal. Laporan pos pantau Gunung Sawur pada pukul 14.54 WIB, Sabtu (4/12/2021) mengungkapkan, awan panas guguran dari Gunung Semeru turun mengarah Curah Kobokan.

Akibat letusan Gunung Semeru ini, aliran listrik di sebagian wilayah Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur padam.

Artikel mengenai dampak letusan Gunung Semeru ini menjadi salah satu artikel yang banyak dibaca. Selain itu masih ada beberapa artikel lain yang layak untuk disimak.

Lengkapnya, berikut ini tiga artikel terpopuler di kanal bisnis Liputan6.com pada Minggu 5 Desember 2021:

1. Gunung Semeru Meletus, Listrik di Pronojiwo Lumajang Padam

liran listrik di sebagian wilayah Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur padam akibat terdampak letusan Gunung Semeru.

Hal tersebut dipasikan oleh Senior Manager Distribusi PLN Jatim, Ardiansyah. Menurut dia, akibat erupsi Gunung Semeru pada sore ini, sebagian jaringan listrik di wilayah Pronojiwo terdampak Gunung Semeru meletus.

"Informasi sementara yang kita pantau, yang perlu kita antisipasi pengamanan di daerah ULP Tempeh Unit 3, Jember. Di daerah Pronojiwo, ada sebagian jaringan menengah yang kita amankan, kita padamkan sementara sekitar 4 section," kata dia kepada LIputan6.com, Sabtu (4/12/2021).

Baca artikel selengkapnya di sini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Gunung Semeru Meletus, Belum Ada Bandara dan Penerbangan Terdampak

Gunung Semeru mengalami erupsi yang disertai awan panas guguran dan hujan abu vulkanik tebal. Laporan pos pantau Gunung Sawur pada pukul 14.54 WIB, Sabtu (4/12/2021) mengungkapkan, awan panas guguran dari Gunung Semeru turun mengarah Curah Kobokan.

Situasi saat ini seputaran Kobokan hujan deras. Erupsi Gunung Semeru yang disertai panas guguran dan hujan abu vulkanik cukup tebal hingga dua kecamatan terpantau gelap gulita di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Sabtu sore.

Terkait Gunung Semeru meletus tersebut Airnav Indonesia menerbitkan ASHTAM nomor VAWR 2168 pada 4 Desember 2021 pukul 16.25 WIB.

Baca artikel selengkapnya di sini

3 dari 3 halaman

3. Waspada Dampak Gunung Semeru Meletus, Airnav Beri Peringatan ke Pilot

AirNav Indonesia memberikan peringatan kepada pilot yang melakukan penerbangan di sekitar Gunung Semeru. Hal ini menyusul letusan Gunung Semeru sekitar pukul 15.00 WIB.

Peringat kepada pilot tersebut tertuang dalam ASHTAM nomor VAWR 2168 tanggal 4 Desember 2021 pukul 16.25 WIB, yang terkait dengan Gunung Semeru meletus.

ASHTAM tersebut berisi mengenai peringatan terhadap para pilot terkait erupsi Gunung Semeru dengan level aktivitas yang tinggi (ketinggian abu vulkanik hingga 40,000 kaki)," dikutip dari keterangan resmi Airnav, Sabtu (4/12/2021).

Baca artikel selengkapnya di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.