Sukses

Bali Berbenah Jelang KTT G20 pada 2022

Jokowi mengatakan, program konservasi dan pembibitan mangrove di Bali merupakan bentuk komitmen Indonesia yang menjadi salah satu topik KTT G20 2022.

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah terus membenahi Bali dalam rangka persiapan menjadi  tuan rumah konferensi tingkat tinggi atau KTT G20 pada 2022.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) didamping Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya meninjau kawasan Rehabilitasi dan Konservasi Hutan Mangrove Tahura Ngurah Rai, di Denpasar, Bali.

Peninjauan lapangan dilakukan untuk mematangkan kesiapan titik showcase konservasi mangrove yang direncanakan untuk menjadi salah satu agenda dalam KTT G-20 tahun 2022 yang akan datang di Bali.

Jokowi mengatakan, program konservasi dan pembibitan mangrove di Bali merupakan bentuk komitmen Indonesia dalam menangani dampak perubahan iklim yang menjadi salah satu topik KTT G-20 2022.

"Ini keseriusan kita merestorasi dan merehabilitasi hutan mangrove, merestorasi hutan gambut, merestorasi lahan kritis yang ada di negara kita. Saya kira komitmen itu yang ingin kita tunjukkan secara nyata dan riil di lapangan," kata Jokowi dalam keterangan tertulis, Jumat (3/12/2021).

Hutan Konservasi Mangrove berada di sekitar kawasan Waduk Muara Nusa Dua yang dikelola oleh Balai Wilayah Sungai (BWS) Bali-Penida, Ditjen Sumber Daya Air (SDA), Kementerian PUPR.

Dukungan penataan kawasan mangrove akan dikerjakan secara kolaboratif antara Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Bali, Ditjen Cipta Karya, Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Jawa Timur - Bali dan Balai Wilayah Sungai(BWS) Bali - Nusa Penida melalui kegiatan pembenahan infrastuktur kawasan yang akan disinergikan dengan penyiapan lahan penyemaian mangrove.

Menteri Basuki mengatakan, pihaknya akan review desain penataan kawasan hutan mangrove sesuai petunjuk Jokowi. Penataan kawasan akan dilakukan dengan tetap menjaga kelestarian alam dan lingkungan.

"Arahan Presiden, optimalkan bambu, kayu, unsur alami, dan kurangi beton, sehingga tidak merusak mangrove," terang Menteri Basuki.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pembenahan Lainnya

Dukungan penataan kawasan rehabilitasi dan konservasi Hutan Mangrove Tahura Ngurah Rai antara lain pembangunan gerbang masuk, area drop off, menara pandang, pejalan kaki, area penyemaian dan area parkir di sekitar Waduk Muara.

Menteri Basuki menambahkan, kegiatan fisik akan dimulai Januari 2022 dan selesai pada September 2022. Sehingga pada Oktober 2022 lokasi telah siap untuk menjadi Show Case Mangrove.

Tidak hanya penataan kawasan konservasi Mangrove, Kementerian PUPR juga akan melakukan pembenahan ruas jalan dari Bandara I Gusti Ngurah Rai hingga ke titik venue pertemuan G-20. Peninjauan Presiden dilakukan di ruas Jalan Tol Bali Mandara menuju venue Hotel Kempinski di Badung, Nusa Dua.

Penataan koridor dilakukan Kementerian PUPR di antaranya Bundaran I Gusti Ngurah Rai, Underpass Ngurah Rai, gerbang Tol Bali Mandara, coating tiang pancang Tol Bali Mandara, penghijaun taper dan media Tol Bali Mandara di 4 titik seluas 2.800 m2.

Selanjutnya, penataan pedestrian dan utility ducting akses menuju Hotel Kempinski sepanjang 5,3 km, perkuatan dan beautifikasi Jembatan Sawangan 1,2, dan 3 seperti perbaikan trotoar, pengecatan, perbaikan abutmen, perbaikan expansion joint, dan perkuatan plat dan balok.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.