Sukses

Banyak Gedung Kosong Akibat Pandemi, Apa Solusinya?

Liputan6.com, Jakarta Setelah vakum selama satu tahun akibat pandemi COVID-19, BCI Asia kembali memulai kompetisi tahunan: FuturArc Prize (FAP) 2022 bagi mahasiswa/lulusan baru dan BCI Asia Interior Design Awards (IDA) 2022 bagi para profesional.

Bertema Reinterpretation, FuturArc Prize 2022 mencari ide-ide segar untuk mengubah atau mendesain ulang sebuah bangunan yang tidak berfungsi dengan baik atau bahkan terbengkalai menjadi bangunan dengan fungsi baru yang nyaman, aman, berkelanjutan, dan memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar dan kota itu sendiri.

Gedung-gedung kosong telah menjadi pemandangan yang makin jamak selama hampir dua tahun terakhir karena pandemi, terutama gedung-gedung komersial, seperti perkantoran dan ritel, serta tempat-tempat budaya, seperti museum dan galeri seni. Apa yang bisa kita lakukan terhadap bangunan yang strukturnya masih kokoh, namun fungsinya telah berkurang ini? Kita bisa menerjemahkan kembali bangunan-bangunan tersebut untuk mendukung aktivitas dan kehidupan masyarakat,” jelas Assistant Publishing Manager, BCI Asia Publishing Anton Adianto dalam keterangan tertulismdi Jakarta, Senin (29/11/2021).

Selain FuturArc Prize 2022, kompetisi tahunan yang juga dibuka kembali tahun ini adalah BCI Asia Interior Design Awards (IDA) 2022. Majalah konstruksi dan desain Construction+ memperuntukkan kompetisi ini bagi para profesional, juga firma arsitektur dan interior.

Kompetisi ini mencari proyek-proyek interior terbaik yang sudah terbangun dan berfungsi sejak 1 Januari 2020 hingga 31 Desember 2021.

IDA 2022 mengusung tema Size vs Space, di mana proyek yang masuk akan dinilai bukan lagi berdasarkan tipografi, melainkan dari pemanfaatkan ruang dengan sebaik mungkin.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Kategori Kompetisi

Kategori dalam kompetisi ini adalah Small untuk proyek interior dengan luas di bawah 300 meter persegi. Kemudian, Medium untuk proyek yang memiliki luas antara 301 hingga 1.000 meter persegi; dan Large untuk proyek dengan luas di atas 1.000 meter persegi.

Kedua kompetisi tersebut sudah dibuka secara gratis (tanpa biaya) sejak 22 November 2021 dan akan ditutup pada tanggal 25 Februari 2022.Mahasiswa dapat mengikuti kompetisi ini dan memperoleh detail lengkap melalui situs FuturArc di www.futurarc.com/fap2022 untuk kompetisi FuturArc Prize 2022.

Untuk desainer profesional, kompetisi BCI Asia IDA 2022 dapat diakses di situs Construction+ di www.constructionplusasia.com/id/ida2022.Lebih menariknya lagi untuk tahun ini, BCI Asia juga menyiapkan hadiah uang tunai yang sangat menarik jumlahnya untuk para pemenang kedua kompetisi.

Karya para pemenang dan juara harapan juga akan dipublikasikan secara eksklusif oleh FuturArc dan Construction+ secara cetak, online maupun via app.