Sukses

Butuh Peran Swasta Tanggulangi Penyebaran Covid-19

Liputan6.com, Jakarta Minamas Plantation melalui inisiatif CSR Minamas Peduli Negeri, menyerahkan 2 unit ambulance dan 500 paket sembako kepada Kementerian Pertanian (Kementan) untuk disalurkan kepada instansi kesehatan dan masyarakat yang terkena dampak COVID-19.

Penyerahan bantuan langsung diterima Kementerian Pertanian yang diwakili oleh Akhmad Musyafak, Kepala Biro Umum dan Pengadaan Kementerian Pertanian.

Selain itu, sebanyak 18 unit ambulance dan 4.100 paket sembako lainnya akan didonasikan ke Pemerintah Daerah, Pemerintah Pusat dan rekan-rekan Yayasan di seluruh Indonesia.

“Pandemi COVID-19 telah berdampak luas kepada banyak kelompok masyarakat tidak hanya pada aspek kesehatan, melainkan juga pada aspek ekonomi sosial," kata Direktur Minamas Plantation Yustinus L. Setyo Putro dalam keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu (27/11/2021).

"Untuk itu, Minamas Plantation berharap bahwa kontribusi ini dapat menjadi sarana pendukung medis yang bisa menjangkau masyarakat luas berada di remote area serta dalam menjadi komitmen jangka panjang Minamas Plantation terhadap masyarakat. Situasi pandemi ini adalah saat dimana kita saling bahu-membahu dan juga membantu yang lain agar tercipta keharmonisan, khususnya, di tengah situasi yang tidak mudah,” lanjut dia.

Sekretaris Jendral Kementerian Pertanian, Kasdi Subagyono menyambut baik inisiatif Minamas Plantation untuk mendukung Kementerian Pertanian dalam upaya pengendalian Covid-19, melalui penyerahan bantuan dari Minamas Plantation melalui Kementerian Pertanian. Pengendalian Covid-19 membutuhkan kerjasama erat antara pemerintah dan pemangku kepentingan lain seperti swasta dan masyarakat.

“Kerjasama ini salah satu wujud dari komitmen Minamas Plantation dalam memberikan kehidupan yang lebih baik kepada masyarakat yang membutuhkan. Kami mengucapkan terima kasih kepada Minamas Plantation karena telah berpartisipasi dan membantu kami dalam menanggulangi pandemi ini, khususnya dalam membantu menjaga kesejahteraan masyarakat yang membutuhkan,” ujar Kasdi Subagyono.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Bentuk Kepedulian

Sementara itu, Ketua Umum GAPKI Joko Supriyono mengatakan, bantuan yang diberikan oleh Minamas merupakan salah satu bentuk kepedulian dari Anggota GAPKI.

GAPKI sebagai asosiasi dan para anggota sejak timbulnya Pandemi Covid-19 telah memberikan bantuan dalam bentuk obat-obatan peralatan rumah sakit, sabun dan hand sanitizer, ambulans, bantuan sembako di cabang-cabang dan lokasi anggota GAPKI serta melalui Kementerian KLHK dan Kementerian, Ditjenbun tahun lalu.

"GAPKI dan anggotanya saat ini juga terus membantu dengan pemberian paket sembako korban Banjir di Kalimantan Barat," ungkap Joko.

Hingga kini, Minamas Plantation melalui unit bisnisnya sudah menyerahkan bantuan-bantuan dalam penanggulangan Covid-19 yang dilakukan hampir di seluruh unit bisnisnya di 7 Provinsi, khususnya, di Sumatera dan Kalimantan.

Sebanyak 20 unit ambulance, 9.600 paket dalam bentuk sembako, masker, Alat Pelindung Diri (APD), cairan disinfektan, hand sanitizier, 2.600 liter minyak goreng ALIF serta 1.000 masker kain yang langsung didistribusikan kepada masyarakat dan Pemerintah dengan nilai yang mencapai kurang lebih Rp 10 miliar.

Untuk program vaksinisasi minamas plantation telah memberikan vaksin melalui program vaksinasi mandiri kepada sebanyak 5.000 penerima vaksin (10.000 dosis vaksin) dan dilaksanakan secara bertahap sejak juli 2021.

Ke depannya, ditargetkan sebanyak 11.864 dosis vaksin juga akan diberikan kepada 5.932 penerima vaksin. yang semuanya itu adalah bentuk komitmen kami untuk membantu pemerintah dalam pencegahan dan penyebaran covid-19.

Selain rutin berkontribusi melalui Pilar Pemberdayaan Masyarakat dan Lingkungan seperti donasi COVID-19 tersebut, program CSR Minamas Plantation juga dikembangkan dalam pilar Pendidikan, Kesehatan, Kepemudaan, Olahraga dan Budaya yang berkomitmen dan fokus pada peningkatan kesejahteraan masyarakat dan pelestarian lingkungan.