Sukses

Berani Beli Rp 614 Miliar, Terungkap Miliarder Pemenang Lelang Salinan Konstitusi AS

Liputan6.com, Jakarta Akhirnya terungkap siapa pembeli salinan asli konstitusi Amerika Serikat (AS) yang mencetak rekor lelang hingga USD 43 juta (Rp 614 miliar).

Bahkan miliarder tersebut bersedia meminjamkannya ke museum agar masyarakat bisa melihat langsung dokumen.

Adalah Kenneth Griffin, CEO dana lindung nilai Citadel di Chicago yang membuat rekor dunia dengan dokumen sejarah AS pada lelang.

Dia kini berhak memiliki teks konstitusi AS tahun 1787, menurut rumah lelang Sotheby, yang menggelar penjualan melansir laman economictimes, Rabu (24/11/2021).

Selama ini, dia termasuk dalam jajaran orang terkaya Amerika. Posisinya berada pada peringkat 47. Menurut Forbes, kekayaan pribadi miliarder berusia 53 tahun itu hampir mencapai USD 21 miliar.

Citadel, perusahaan yang tempatnya bernaung diketahui mengelola aset sekitar USD 40 miliar.

Pada lelang, Griffin mengalahkan sekitar 17.000 investor mata uang kripto, dijuluki ConstitutionDAO, yang telah mengumpulkan USD 40 juta untuk mencoba membeli dokumen tersebut. Bahkan kelompok ini berjanji memamerkannya di domain digital publik.

 

2 dari 2 halaman

Pinjamkan ke Museum

Ternyata miliarder ini juga memiliki sisi baik lainnya. Griffin akan meminjamkan salinan konstitusi tersebut secara gratis ke museum Crystal Bridges di Bentonville, Arkansas.

Bahkan dia akan memajangnya tanpa membebankan biaya kepada pengunjung.

"Konstitusi AS adalah dokumen suci yang mengabadikan hak setiap orang Amerika dan semua orang yang bercita-cita," tulis Griffin dalam sebuah pernyataan yang dirilis rumah lelang kata Sotheby's.

Dia menambahkan jika salinan Konstitusi ini akan boleh untuk dilihat oleh semua orang Amerika dan pengunjung.

Ketua Dewan Crystal Bridges Olivia Walton mengaku merasa terhormat untuk memamerkan salah satu dokumen terpenting dalam sejarah bangsa kita.

Sotheby's mengatakan item itu adalah satu dari hanya 13 salinan piagam AS yang diketahui, ditandatangani pada 17 September 1787 di Philadelphia's Independence Hall oleh para pendiri Amerika termasuk George Washington, Benjamin Franklin dan James Madison.

Salinannya mungkin merupakan bagian dari cetakan 500 hari sebelum penandatanganan. Di mana, cetakan salinan ini dirilis pada 16 September 1787 malam.

Salah satu dari dua salinan menjadi milik pribadi. Salah satunya diketahui berada di tangan kolektor AS Dorothy Tapper Goldman.Pada september lalu, nilai salinan konstitusi ini diprediksi hanya sebesar USD 15 juta hingga USD 20 juta.

Namun ternyata prediksi tersebut melesat. Nilai salinan konstitusi bagian sejarah AS ini harganya lebih dari dua kali lipat jumlah itu.

Bahkan hanya dalam delapan menit penawar di ruang lelang New York dari seluruh dunia menaikkan penawaran mereka.