Sukses

Jokowi: Investasi Jadi Jangkar Pemulihan Ekonomi Indonesia

Presiden Jokowi menyebut investasi adalah jangkar pemulihan ekonomi di tengah pandemi Covid-19.

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan, bahwa investasi adalah jangkar pemulihan ekonomi di tengah pandemi Covid-19. Investasi bisa menjadi kunci percepatan pertumbuhan ekonomi.

Dia menyebut pemulihan ekonomi nasional tak bisa semata-mata mengandalkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

“Investasi ini jadi jangkar pemulihan ekonomi karena kalau kita fokus pada APBN, meski saya tau tahu Bu Menkeu sangat prudent, sangat hati-hati dalam mengelola APBN kita,” kata Jokowi, dalam Rapat Koordinasi Nasional dan Anugerah Layanan Investasi 2021, Rabu (24/11).

Dalam kesempatan tersebut, Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) memberikan penghargaan kepada sejumlah PTSP dan percepatan pelaksanaan berusaha (PPB) pemerintah daerah dan K/L.

Jokowi mengaku senang karena ada beberapa kementerian/lembaga, provinsi, maupun kabupaten kota yang mendapatkan anugerah tersebut, baik yang berkaitan dengan realisasi investasi maupun urusan perizinan.

Secara spesifiik, Jokowi bahkan sempat menyebut provinsi Jawa Barat sebagai salah satu wilayah yang memiliki realisasi investasi yang cukup cemerlang.

“Realisasi investasi bagus di Jawa barat,” kata eks Gubernur DKI Jakarta itu.

Namun, Jokowi mengingatkan bahwa realisasi tersebut tidak akan tercapai jika tidak ada peranan pemerintah daerah. Menurutnya, pemerintah daerah harus turun tangan mengawal realisasi investasi.

“Belum tentu kita layani dengan baik investasi akan datang, apalagi tidak dilayani. Dilayani saja belum tentu investor datang, apalagi tidak dilayani dengan baik. Oleh sebab itu, pola lama, hal jadul harus ditinggalkan,” kata dia.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kinerja PPB di Tingkat Provinsi

Sebagai informasi, Provinsi Jawa Barat sendiri berhasil meraih penghargaan terbaik untuk kategori kinerja PPB di tingkat provinsi.

Selain meraih penghargaan untuk kategori kinerja PBB, Jawa Barat juga berhasil meraih award dari Bank Indonesia (BI) sebagai Pemerintah Provinsi dengan Implementasi QRIS Terbaik.

Penghargaan ini juga merefleksikan jalinan sinergi antara BI dan stakeholders bersama-sama Pemerintah, OJK, dan LPS dalam mempercepat pemulihan ekonomi nasional.

BI memilih 5 Pemerintah Provinsi yang mendapatkan award tersebut. Salah satu yang terbaik adalah Jawa Barat (Jabar).

Berikut daftar 5 Provinsi tersebut :

1. Pemerintah Provinsi Sumatera Utara

2. Pemerintah Provinsi Jawa Barat

3. Pemerintah Provinsi Bali

4. Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur

5. Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan

 

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.