Sukses

Top 3: Jokowi Sindir Presiden AS Joe Biden soal Komitmen Investasi

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo (Jokowi) menuturkan di sela-sela kunjungan kerja luar negeri beberap waktu lalu sempat berbicang dengan PM Inggis Boris Johnson, dan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden.

Dalam pertemuan tersebut Jokowi mengutarakan masih adanya kesenjangan dari sisi pembiayaan antara energi fosil dan energi hijau.

Berita mengenai hasil pertemuan Jokowi dengan Joe Biden ini menjadi artikel yang paling banyak dibaca. Selain itu, masih ada beberapa berita yang tak kalah menarik.

Berikut daftar berita yang paling banyak dibaca di kanal Bisnis Liputan6.com, Minggu (21/11/2021):

1. Jokowi ke Presiden AS Joe Biden: Jangan Janji Investasi, tapi Duitnya Nggak Nongol

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menuturkan di sela-sela kunjungan kerja luar negeri beberap waktu lalu sempat berbicang dengan PM Inggis Boris Johnson, dan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden.

Dalam pertemuan tersebut Jokowi mengutarakan masih adanya kesenjangan dari sisi pembiayaan antara energi fosil dan energi hijau.

"Negara-negara gede jangan hanya bicara saja, tapi ini ada problem gap ini siapa yang nanggung, siapa yang harus menyelesaikan, kalau negara berkembang tidak mungkin nyuruh-nyuruh, tidak bisa kita," kata Jokowi saat menceritakan pertemuan tersebut kepada para kepada komisaris dan direksi PT Pertamina (Persero) dan PT PLN (Persero) di Istana Kepresidenan dikutip dalam akun Youtube Sekretariat Presiden, Sabtu (20/11/2021).

"Nah mereka kelihatannya sudah mau dari janji investasi setiap tahun USD 100 miliar untuk semua seluruh dunia, jangan hanya memberi bayangan angka, tapi duitnya gak nongol, kita ngomong blak-blakan saja," lanjutnya.

Baca artikel selengkapnya di sini

2 dari 3 halaman

2. Daftar Daerah Tetapkan Kenaikan UMP 2022, Siapa Naik Paling Tinggi?

Pemerintah memastikan Upah Minimum Provinsi (UMP) 2022 tetap naik. Hanya saja, kenaikannya tak sebesar yang diharapkan buruh, yaitu hanya 1,09 persen.

Ketentuan mengenai kenaikan upah minimum mengikuti Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 36 Tahun 2021 tentang Pengupahan.

"Simulasi ini dari data BPS, rata-rata kenaikan upah minimum itu 1,09 persen, ini rata-rata nasional," ujar Ida saat konferensi pers virtual beberapa waktu lalu.

Gubernur harus menetapkan UMP paling lambat 21 November 2021. Namun karena 21 November merupakan hari libur nasional, maka penetapan harus dilakukan paling lambat 1 hari sebelumnya, yaitu 20 November 2021.

Baca artikel selengkapnya di sini

3 dari 3 halaman

3. Deretan Fakta Sirkuit Mandalika, Punya Rekor MURI hingga Aspal Terbaik di Dunia

Pertamina Mandalika International Street Circuit, atau yang dikenal sebagai Sirkuit Mandalika, tengah menjadi sorotan karena menjadi lokasi diselenggarakannya IATC dan World Superbike 2021.

Dengan lokasinya yang indah karena berada di kawasan pantai di Lombok, Nusa Tenggara Barat, Sirkuit Mandalika juga disebut sebut akan menarik perhatian besar dalam dunia balapan internasional.

Dikutip dari laman web resmi WSBK, Pertamina Mandalika International Street Circuit dirancang sepanjang 4,3 kilometer atau 4.300 meter. Jumlah tikungan di Sirkuit Mandalika sendiri mencapai 17, dengan 11 mengarah ke kanan dan 6 lainnya mengarah ke kiri.

Selain itu, sirkuit ini juga dapat menampung 150 ribu hingga 200 ribu orang. Tetapi karena pandemi COVID-19, pihak pengelola hanya menyediakan hingga 75 ribu kursi di grandstand dan 138 ribu area berdiri.

Baca artikel selengkapnya di sini