Sukses

Jokowi: Kunci Pertumbuhan Ekonomi 2022 Hanya Satu, Kendalikan Covid-19

Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali menekankan pentingnya pengendalian penyebaran pandemi Covid-19.

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali menekankan pentingnya pengendalian penyebaran pandemi Covid-19. Menurut dia, itu jadi satu-satunya kunci penggerak pertumbuhan ekonomi nasional di 2022 mendatang.

"Yang paling penting menurut saya kunci pertumbuhan ekonomi di tahun 2022 hanya satu kuncinya, kita bisa mengendalikan yang namanya covid, kuncinya hanya itu," tegas Jokowi dalam acara Kompas CEO Forum, Kamis (18/11/2021).

Jokowi percaya, jika penyebaran pandemi benar-benar bisa dijaga, setidaknya dibatasi, maka mobilitas masyarakat dan pergerakan ekonomi pun bisa berjalan lancar.

"Kemudian, kalau kita lihat kita bisa mengendalikan ini, mengendalikan covid-19, pegang betul covid, ekonominya Insya Allah akan merangkak naik. Dan indikator itu sekarang kelihatan," ujar dia.

Dia lantas berkaca pada sejumlah perbaikan indikator, seperti yang terjadi pada Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) yang tercatat naik menjadi 113,4 pada Oktober 2021, meningkat 95,5 pada September 2021.

"RSI-nya, atau retail sales indeksnya juga menguat seiring dengan peningkatan mobilitas, di 5,2 persen," terang Jokowi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kinerja Manufaktur

Selain itu, Jokowi juga menyoroti catatan Purchasing Manager's Index (PMI) manufaktur yang terus meningkat jadi 57,2 pada Oktober 2021, naik dari capaian per September 2021 sebesar 52,2.

"Sebelum pandemi saya ingat (PMI manufaktur) 51. Sekarang sudah berada di angka 57,2. Artinya apa? Manufaktur sudah berproduksi," kata Jokowi.

"Kenapa berproduksi? Karena konsumen meminta. Ada demand di situ. Tidak mungkin jika ga ada demand dia berproduksi. Sehingga kita bisa berada di 57,2," tandasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Pertumbuhan ekonomi adalah suatu keadaan di mana ekonomi mulai tumbuh dan mengalami perkembangan.

    Pertumbuhan Ekonomi

  • Ekonomi adalah ilmu tentang asas-asas produksi, distribusi, dan pemakaian barang-barang serta kekayaan.

    ekonomi

  • Penyebaran Covid-19 ke seluruh penjuru dunia diawali dengan dilaporkannya virus itu pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China

    COVID-19