Sukses

Berdayakan UMKM Wanita Terbanyak lewat Toko Digital, Pertamina Sabet Rekor MURI

Pada gelaran Pertamina SMEXPO Show Case 2021, Pertamina berhasil meraih rekor MURI untuk kategori Pemberdayaan UMKM Wanita Terbanyak Melalui Toko Digital.

Liputan6.com, Jakarta Pada gelaran Pertamina SMEXPO Show Case 2021, Pertamina berhasil meraih rekor MURI untuk kategori Pemberdayaan UMKM Wanita Terbanyak Melalui Toko Digital. Penghargaan disampaikan langsung Ketua Umum MURI Jaya Suprana dan diterima Direktur Keuangan Pertamina Emma Sri Martini, Jumat, 15 Oktober lalu.

Pjs Senior Vice President (SVP) Corporate Communication and Investor Relations (CCIR) PT Pertamina (Persero), Fajriyah Usman mengatakan Pertamina sebagai salah satu BUMN terbesar di Indonesia memiliki peran penting untuk turut aktif memberikan bimbingan dan bantuan kepada pengusaha kecil, koperasi dan masyarakat sebagaimana tertuang dalam UU BUMN No. 19 Tahun 2003.

“Pertamina telah menyalurkan modal usaha dan pembinaan kepada para UMKM binaan sejak 1993, dan telah menyalurkan bantuan kemitraan kepada lebih dari 65 ribu mitra binaan di seluruh wilayah Indonesia yang tersebar dari Sabang sampai Merauke,” ujar Fajriyah.

Dalam kerangka terus mendukung pelaku UMKM wanita, Pertamina dan Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) serta Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) akan berkolaborasi untuk memperluas Program Pinky Movement kepada 30 ribu lebih pengusaha wanita Indonesia yang menjadi anggota IWAPI.

Program Pinky Movement menyasar anggota IWAPI di seluruh Indonesia yang memiliki unit outlet LPG di sektor perdagangan dan unit UMKM pengguna LPG di sektor kuliner, industri dan sebagainya. Program ini mencakup pembiayaan murah dan pembinaan peningkatan kompetensi agar anggota IWAPI dapat menjadi UMKM naik kelas. Tentu saja dengan memenuhi beberapa kriteria di antaranya peningkatan kapasitas produksi, memperoleh sertifikat dan izin usaha, peningkatan omzet, dan pemasaran produk hingga ke luar daerah atau negara.

Kerja sama ini, lanjut Fajriyah, sebagai wujud implementasi Sustainable Development Goals (SDGs), utamanya pada tujuan ke-delapan, yakni menyediakan Pekerjaan yang Layak dan mendukung Pertumbuhan Ekonomi Nasional dan SDGs ke-lima yakni mencapai kesetaraan gender dan memberdayakan semua perempuan dan anak perempuan. Kerja sama ini juga merupakan bagian dari komitmen ESG Pertamina terutama aspek Sosial melalui kegiatan pemberdayaan usaha mikro kecil.

Program Pinky Movement telah berhasil meraih Penghargaan Top CSV Award 2021 dari Media Brand INFOBRAND.ID. TOP CVS Award 2021 merupakan apresiasi yang diberikan kepada perusahaan-perusahaan yang telah merancang dan berhasil menjalankan program CSV hingga menciptakan nilai ekonomi dan nilai sosial yang berkelanjutan.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Pertamina merupakan salah satu perusahaan BUMN yang bertugas mengelola pertambangan minyak dan gas bumi di Indonesia.

    Pertamina

Video Terkini