Sukses

Jurus Kemenhub Permudah Akses Transportasi Bagi Penyandang Disabilitas

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Perhubungan terus menyalurkan dukungannya terhadap kemajuan fasilitas transportasi untuk masyarakat penyandang disabilitas.

Hal itu disampaikan dalam acara peluncuran program Kampanye Kolaboratif ke-3nya, yang bertema "Insan Transportasi Melayani Negeri," pada Senin (27/9).

Staf Inspektorat Jenderal Kemenhub, Catur Sigit Nugroho menceritakan ketika ia mengalami lumpuh pada tahun 2009 silam dan bagaimana ia berusaha mengakses transportasi yang pada saat itu masih sulit didapatkan, dan bahkan harus membayar hingga dua kali lipat dari biaya ongkos untuk bepergian ke kampung halaman.

"Pada saat itu, mengakses biaya transportasi mahal sekali - maka dari itu, saya berpikir bahwa kalo transportasi memberi akses maka akan memudahkan penyandang disabilitas dan kelompok lain," kata Catur, alam acara peluncuran Kampanye Insan Transportasi Melayani Negeri Kemenhub RI yang disiarkan secara online pada Senin (27/9/2021).

"Dengan adanya kami di sini saya ingin memberikan kontribusi kepada Kemenhub agar transportasi bisa diakses siapa saja," ujarnya.

Catur membeberkan, saat ini ada 10 orang penyandang disabilitas yang di rekrut oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

"Pada awalnya kami ditugaskan memberikan masukan dan kontribusi di sektor transportasi - terkait dengan kelompok penyandang disabilitas. Ketika penyandang disabilitas mudah mengakses transportasi, maka akan mudah pula untuk orang-orang non-disabiltas," tutup dia.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Insan Transportasi Melayani Negeri

Kementerian Perhubungan RI pada Senin (27/9) secara resmi meluncurkan program Kampanye Kolaboratif ke-3, yang bertema Insan Transportasi Melayani Negeri.

Kampanye ini merupakan program kolaborasi lintas sektoral Kementerian Perhubungan yang tak hanya mengkomunikasikan kinerja dan keberhasilan proyek pembangunan infrastruktur dan transportasi, tetapi juga mengangkat kisah humanisme para insan trasnportasi di berbagai sektor.

Peluncuran tersebut dilaksanakan langsung oleh Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, bersama Sekretaris Jenderal Kemenhub RI, Djoko Sasono, Staf Khusus Kemenhub Bidang SDM dan Kehumasan, Adita Irawati , Kepala Biro Perencanaan Kemenhub, Robby Kurniawan.

"saya mengapresiasi tema (kampanye) ini, cukup menarik yaitu Insan Transportasi Melayani Negeri," kata Menhub Budi Karya Sumadi dalam acara itu.

"Sekarang sudah berjalan satu tahun (pandemi), berarti kita mau tidak mau harus merubah cara melakukan kegiatan. Justru sesuai dengan apa yang disampaikan Bapak Presiden (Jokowi dengan filosofi "Api", bahwa ditengah pandemi ini justru ada peluang yang kita mungkin peroleh dengan cara dan kolaborasi tertentu, yang membuat suatu efiensi, suatu terobosan, agar cara lama kita ditinggalkan," tutur Menhub Budi Sumadi.

Menhub pun kembali menekankan penyampaian Presiden Jokowi, yaitu ahwa infrastuktur memiliki tugas mempersatukan bangsa, mengkoneksikan dari simpul kuota, simpul provinsi, hingga daerah-daerah lainnya.

"ini tentunya tidak akan terjadi tanpa proyek-proyek strategis yang kita bangun," imbuhnya.