Sukses

Pengusaha UMKM Solo Saat Dikunjungi Menko Airlangga: Kami Bergerak karena Ora Obah Ora Mamah

Di wilayah Jateng dan DIY ada 2.080 UMKM, dan jumlah seluruhnya secara nasional ada 11.325 UMKM yang tersebar di 28 kabupaten/kota di Pulau Jawa.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto berkunjung ke Jayengan, Solo, Jawa Tengah, pada Kamis, 23 September 2021. Di lokasi ini, dia berdialog langsung dengan beberapa pelaku usaha mikro yang tergabung dalam Komunitas UMKM usAHA.

Hadir 6 perwakilan Komunitas UMKM usAHA. Koordinator UMKM usAHA Kota Solo, Yuhan Perdana, mengatakan di Kota Solo sudah ada 255 pelaku UMKM yang bergabung.

Di wilayah Jateng dan DIY ada 2.080 UMKM, dan jumlah seluruhnya secara nasional ada 11.325 UMKM yang tersebar di 28 Kabupaten/Kota di Pulau Jawa. "Sebenarnya yang mau hadir banyak, tapi karena situasi belum normal ya kami batasi," ujar Yuhan Perdana.

Yuhan menerangkan, jumlah anggota komunitas tersebut adalah UMKM yang sudah mengikuti program pelatihan WirausAHA Maju.

"Jadi kami ajak dulu bergabung ikut program pelatihan dulu, lalu kami bentuk komunitasnya," ujar Yuhan.

Dia berharap ke depan, peserta program bisa terus bertambah, sehingga komunitasnya bisa semakin besar.

"Karena kami pedagang-pedagang kecil ini kalau Ora Obah Ora Mamah Pak, tidak gerak ya tidak makan. Jadi pandemi ini memang berdampak pada usaha kami, tapi kami tidak diam tetap bergerak dan saling bantu walau harus adaptasi dengan pembatasan-pembatasan," tambah dia.

Meski banyak program pemerintah untuk pemberdayaan UMKM, Yuhan merasa gerakan yang berasal dari masyarakat juga diperlukan.

Dia pun menyampaikan terima kasih pada Airlangga yang telah bersedia menjadi pembina dari UMKM usAHA.

Kepada Airlangga selaku Menko Perekonomian, Yuhan mewakili komunitas UMKM usAHa juga berterima kasih pada pemerintah yang telah membuat program-program untuk mendukung UMKM.

Komunitasnya bisa diberi informasi dan dibimbing agar lebih banyak UMKM yang dapat mengakses berbagai program tersebut.

"Karena ada yang baru dengar-dengar saja tapi tidak tahu cara dan syarat untuk mendapatkannya," tutur dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ingin Mampir

Airlangga Hartarto mengaku peninjauan ke UMKM di Solo karena ingin mengetahui kondisi di lapangan.

"Kita mampir saja, ada kelompok masyarakat namanya UMKM usaha, ini sudah mempunyai ribuan binaan. Karena itu saya lihat lapangannya dan anggotanya siapa saja, dan kebutuhannya seperti apa dalam situasi pandemi Covid-19," kata Airlangga.

"Banyak testimoni mengatakan hampir sama di berbagai daerah, termasuk di Solo, akibat pandemi covid-19, pendapatan turun sampai 50 persen. Sekarang dengan situasi yang lebih terkendali, mudah-mudahan mereka bisa menjadi bangkit kembali," ujarnya.

Airlangga juga mengatakan pemerintah punya berbagai program untuk UMKM seperti Kredit Usaha Rakyat dengan bunga hanya tiga persen, yang bisa dimanfaatkan untuk UMKM mengembangkan usaha.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.