Sukses

Jokowi Tawari Kemudahan Izin Bangun Pabrik Mobil Listrik di Indonesia

Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan groundbreaking pabrik industri baterai kendaraan listrik PT HKML Battery Indonesia pada Rabu (15/9/2021) di Karawang

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan groundbreaking pabrik industri baterai kendaraan listrik PT HKML Battery Indonesia pada Rabu (15/9/2021) di Karawang New Industrial City, Kabupaten Karawang, Jawa Barat.

Pabrik baterai kendaraan listrik ini merupakan joint venture dari dua perusahaan asal Korea Selatan, Hyundai Motor Group dan LG Energy Solution. Jokowi pun optimistis kehadirannya akan turut mendongkrak investasi di sektor industri turunannya seperti mobil listrik.

"Pengembangan industri baterai juga akan meningkatkan daya tarik Indonesia sebagai negara tujuan investasi dari industri turunan yang gunakan baterai, seperti investasi motor listrik, bus listrik, dan mobil listrik," kata Jokowi dalam siaran video secara virtual, Rabu (15/9/2021).

Jokowi menyatakan, Pemerintah RI bekomitmen penuh untuk memberikan dukungan dan pengembangan ekosistem industri baterai dan kendaraan listrik di Tanah Air.

"Pemerintah juga akan terus menggulirkan reformasi sruktural untuk memberikan kepastian hukum dan kemudahan berizin kepada pelaku usaha, investor untuk mengembangkan usahanya di Indonesia," tuturnya.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Terbuka

Di sisi lain, pemerintah disebutnya masih sangat terbuka atas inisiatif kerjasama dengan negara-negara sahabat lain terkait pengembangan industri baterai kendaraan listrik ke depan.

"Saya berharap kolaborasi antara perusahaan Indonesia dan Korea Selatan ini bisa diperkuat, termasuk realisasi kerja sama investasi industri baterai ini," ujar Jokowi.

"Saya berpesan kolaborasi yang terbangun bukan hanya di perusahaan besar atau BUMN-BUMN kita, tapi juga melibatkan UMKM," tandasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Investasi adalah penanaman uang atau modal dalam suatu perusahaan atau proyek untuk tujuan memperoleh keuntungan.

    Investasi

  • Mobil listrik, mobil yang digerakkan dengan motor listrik,pakai energi listrik yang disimpan dalam baterai atau tempat penyimpan energi lain

    Kendaraan Listrik

  • Mobil listrik, mobil yang digerakkan dengan motor listrik,pakai energi listrik yang disimpan dalam baterai atau tempat penyimpan energi lain

    Mobil Listrik

  • pabrik

  • baterai