Sukses

Sambut FIBA World Cup 2023, Erick Thohir Ingin Indonesia Bisa Lolos

Indonesia jadi salah satu penyelenggara pelaksanaan FIBA World Cup 2023

Liputan6.com, Jakarta Menteri BUMN Erick Thohir menyambut FIBA World Cup 2023 yang akan dilaksanakan dua tahun lagi. Timnas Bola Basket Indonesia mendapatkan kesempatan untuk turut berkontribusi dalam pertandingan. 

Antusiasme dalam menyambut acara ini menciptakan harapan kepada Indonesia agar bisa lolos dalam pertandingan.

Kali ini, Jakarta sebagai kota perwakilan Indonesia ditunjuk juga sebagai salah satu penyelenggara, dua di antaranya Jepang (Okinawa) dan Filipina (Manila). 

Ketika pemain terbaik dunia berkumpul di pertandingan Piala Dunia, saya tahu pasti bahwa kita semua menantikan pertandingan yang luar biasa ini,” ujar Erick dalam unggahan video singkatnya di Instagram @erickthohir, Jumat (03/02/2021).

Terdapat dua pilihan bagi tim Indonesia untuk bisa lolos, yaitu dapat menduduki peringkat 8 besar FIBA Asia Cup 2020 atau menempati peringkat 5 pada FIBA World Cup 2023-Asia Qualifier.

Erick juga menuliskan dengan optimis bahwa selama pertandingan berlangsung harus dapat menunjukkan bahwa bangsa Indonesia harus dapat bersaing secara kompetitif. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hasil Kualifikasi

Hasil kualifikasi dari FIBA World Cup 2023 menjadi titik terang bagi Indonesia untuk menunjukkan kemampuan dan kompetensinya di olahraga bola basket bersama negara-negara asing lainnya.

Penentuan kualifikasi telah dilaksanakan di Jenewa Swiss akhir bulan lalu, 31 Agustus 2021. Pembagian dibagi menjadi dua bagian untuk wilayah Asia, ada Asia Barat dan Asia Timur.

Negara yang terdaftar di wilayah Asia Barat antara lain Bahrian, India, Iran, Jordania, Lebanon, Saudi Arabia, dan Syria. Sementara itu, Asia Timur terdiri dari Australia, China, Filipina, Indonesia, Jepang, Korea, Selandia Baru, dan Taiwan.

Seperti yang tercantum dalam unggahan Erick Thohir sendiri, Indonesia berapa di grup C bersama Yordania, Saudi Arabia, dan Lebanon. Setelah mengetahui posisi pemain Indonesia, segala persiapan harus dilakukan seluruh atlet dan pelatih.

“Kepada semua pemain, penggemar, dan komunitas basket di mana pun Anda berada, bergabunglah dengan saya untuk menikmati momen ini menuju Piala Dunia yang dimulai hari ini,” ajak Thohir untuk bersama memberikan dukungan positif untuk acara ini.

Reporter: Caroline Saskia

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.