Sukses

Bos Kadin: Jangan Bilang Tukang Bakso, tapi Pengusaha Bakso Tingkat Mikro

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Arsjad Rasjid menyatakan, pihaknya berencana untuk menggaet para pelaku usaha UMKM di daerah agar bisa naik level.

Dalam hal ini, ia ingin menjadikan Kadin Indonesia tidak hanya rumah bagi pengusaha besar, tapi juga tempat untuk pengusaha sektor menengah, kecil hingga mikro.

Arsjad menilai, upaya perbaikan ekonomi nasional harus dimulai dengan memperkuat ekonomi daerah. Oleh karenanya, Kadin Indonesia ke depan punya program untuk menciptakan lebih banyak pengusaha UMKM di tingkat daerah.

"Struktur ekonomi negara seharusnya didukung, yaitu bagaimana nanti program ke depan mengenai upaya untuk kita menciptakan pengusaha daerah supaya terjadi pemerataan," kata Arsjad dalam sesi bincang virtual bersama Liputan6.com, Selasa (3/8/2021).

"Di sisi ini menciptakan pengusaha daerah yang bisa ikut serta dalam proses mengembangkan suatu industri yang sedang dibangun," dia menambahkan.

Menghadapi revolusi industri 4.0, Arsjad juga hendak mengembangkan sisi kewirausahaan untuk memunculkan lebih banyak perusahaan-perusahaan baru di tingkat UMKM.

Menurut dia, ini sejalan dengan program Undang-Undang atau UU Cipta Kerja yang bukan hanya mendongkrak investasi di daerah, tapi juga menciptakan lebih banyak pengusaha.

"Karena bilamana UMKM kuat, ekonomi di daerah itu juga kuat. Di sini kita akan lebih banyak lagi menciptakan UMKM-UMKM di level mikro, kecil, menengah, utamanya dengan mengangkat kehormatannya," ujar dia.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Pengusaha Bakso Tingkat Mikro

Penyebutan nama dianggapnya jadi faktor penting dalam mengangkat kehormatan suatu pengusaha kecil. Arsjad lantas mencontohkan pengusaha bakso tingkat mikro yang selama ini kerap dipanggil tukang bakso.

"Umpamanya kita makan bakso, kebetulan di jalan ada tukang bakso. Mulai sekarang kita jangan bilang tukang bakso, tapi pengusaha bakso. Pengusaha bakso tingkat mikro, karena masih satu program," ungkapnya.

"Jadi nanti kalau gerobaknya sudah banyak itu dari mikro bisa jadi pengusaha kecil. Di sinilah kehormatan yang harus dijaga, dan semuanya ada proses," tandas Arsjad.

  • Kamar Dagang dan Industri Indonesia atau Kadin Indonesia adalah organisasi pengusaha Indonesia yang bergerak di bidang perekonomian.
    Kadin
  • Usaha mikro kecil menengah atau (UMKM) adalah istilah umum dalam khazanah ekonomi.
    UMKM
  • UKM adalah singkatan dari Usaha Kecil dan Menengah.
    UKM