Sukses

Pesan Sri Mulyani ke Pejabat Baru Kemenkeu: Harus Kerja Cepat

Sri Mulyani Indrawati melantik Pejabat Pimpinan Tinggi Madya, Pejabat Administrator, dan Pejabat Fungsional Ahli Madya di lingkungan Kementerian Keuangan

Liputan6.com, Jakarta Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati melantik Pejabat Pimpinan Tinggi Madya, Pejabat Administrator, dan Pejabat Fungsional Ahli Madya di lingkungan Kementerian Keuangan.

Hal itu berdasarkan Keputusan Menteri keuangan Nomor 301/KMK.01/2021 Tanggal 30 Juli 2021 tentang Mutasi dalam Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama di Lingkungan Kementerian Keuangan.

“Saya mengucapkan selamat kepada Saudara-saudara semua yang baru dilantik dalam jabatan baru, promosi, rotasi, maupun mutasi. Jabatan adalah kepercayaan, dan sekaligus tanggungjawab yang diberikan oleh institusi atau organisasi dimana Anda bekerja dan tentu merupakan suatu kepercayaan,” kata Menkeu dalam pelantikan pejabat di lingkungan Kementerian keuangan disiarkan di Yotube Kemenkeu RI, Senin (2/8/2021).

Oleh karena itu di dalam momentum pelantikan ini, Menkeu mengingatkan kepada seluruh pejabat di eselon I dan eselon II serta jabatan administrator dan fungsional yang dilantik hari ini, senantiasa bekerja secara cepat, cermat dan mampu beradaptasi.

“Karena kita dihadapkan pada ketidakpastian, suatu musuh bersama yang tidak terlihat oleh kasat mata namun sangat nyata dampaknya bagi ancaman kesehatan masing-masing dan juga masyarakat secara umum virus covid-19 akan terus melakukan mutasi yang akan memaksa kita untuk terus berubah,” ujarnya.

Menurut Sri Mulyani sebagai pejabat yang mengelola keuangan negara, dimanapun pegawai Kemenkeu berfungsi dan bertugas harus bertanggung jawab dalam mengelola keuangan negara. Lantaran keuangan negara merupakan instrumen yang luar biasa penting di dalam menghadapi pandemi covid-19 baik dibidang kesehatan, sosial, maupun bidang ekonomi dan keuangan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kreatif

Disamping itu, Menkeu juga meminta agar pejabat di lingkungan Kementerian Keuangan bekerja secara cepat namun tepat, kreatif tetapi tetap di dalam koridor akuntabilitas, dan harus bisa dipertanggungjawabkan.

Lanjutnya, di dalam suatu lingkungan yang berubah secara luar biasa dinamis, maka para pejabat di lingkungan kementerian keuangan perlu menjadi pejabat yang proaktif tidak menunggu untuk instruksi petunjuk dan arahan.

“Karena anda (Pejabat yang dilantik) adalah seluruh pejabat yang sudah punya pengalaman  terutama level eselon 1 dan 2 bahkan di level administrasi administrator dan fungsional,” imbuhnya.

Menkeu menegaskan, di masa pandemi covid-19 terjadi perubahan yang sangat cepat. Dengan demikian, dia meminta para pejabat untuk inisiatif dan proaktif di dalam menangani masalah, termasuk melindungi rekan kerja.

“Pandemi ini mengharuskan kita disiplin bukan suatu tindakan berlebih-lebihan. Kalau Anda mengingatkan orang untuk menggunakan masker bukan suatu tindakan yang berlebih-lebihan kalau kita mengingatkan kawan kita untuk menjaga jarak dan sering mencuci tangan itu adalah protokol untuk keselamatan bersama,” pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.