Sukses

BI Minta Perbankan Turunkan Bunga Kredit untuk Dukung UMKM

Bank Indonesia (BI) berharap bila upaya dan pembinaan pelaku UMKM bisa dilakukan berbagai pihak terkait.

Liputan6.com, Jakarta - Membantu pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), Gubernur Bank Indonesia (BI), Perry Warjiyo tengah terus mengimbau penurunan bunga kredit, sehingga pemulihan ekonomi dapat berjalan maksimal.

Memaksimalkan upaya ini, terdapat beragam arahan yang akan diberikan BI khusus meningkatkan kinerja UMKM.

"Pertama kita harus bersinergi bersama-sama mendorong dunia usaha melalui kredit, khususnya kepada UMKM. BI telah menurunkan suku bunga kebijakannya menjadi 3,5 persen terendah sepanjang sejarah. Sudah saat perbankan mengikuti ajakan kami dengan menurunkan suku bunga kredit," kata Perry, secara virtual, Kamis (15/4/2021).

Tak hanya itu, Perry juga berharap bila upaya dan pembinaan pelaku UMKM bisa dilakukan berbagai pihak terkait. Hal ini diharapkan mampu meningkatkan kinerja UMKM lebih maksimal.

"Kami berharap terdapat dorongan dari perbankan untuk dunia usaha, baik dari produksi dan SDM, sehingga UMKM bisa tumbuh berdaya saing," ujarnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Harapan BI

Selanjutnya Perry juga berharap sistem digitalisasi mampu semakin berkembang, baik dari sisi pembayaran, digitalisasi perbankan hingga digitalisasi UMKM.

"Sehingga UMKM bisa memasarkan produknya melalui platform-platform digital. Insyaallah 12 juta merchantkhususnya UMKM tersambung secara nasional," tuturnya.

Hal terakhir yang ditekankan Perry ialah komitmen dari seluruh pihak untuk mendukung program Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.