Sukses

Tenang, PLN Jamin Pasokan Listrik Jakarta Aman Selama Ramadan 2021

Liputan6.com, Jakarta PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya menggelar Apel Kesiapan Kelistrikan Jelang bulan puasa Ramadan tahun 2021 atau 1442 Hijriah pada Senin, 12 April 2021. Apel dilaksanakan di halaman PLN UID Jakarta Raya diikuti oleh perwakilan petugas siaga kelistrikan.

Siaga kelistrikan selama Ramadhan bertujuan untuk memastikan keandalan dan kecukupan pasokan listrik. Masuk dalam rangkaian apel yaitu gelar pasukan dan peralatan pendukung untuk memastikan semua personel dan infrastruktur dalam kondisi siap.

Jakarta disuplai dari 6 sub sistem kelistrikan dengan total kapasitas 10.315 Mega Watt (MW) yang disalurkan melalui 59 gardu induk 150 kilo Volt (kV) dan 20 kV. Beban puncak listrik yang pernah dicapai yaitu 4.938 MW pada tahun 2020. Sedangkan beban puncak listrik saat Ramadhan di tahun 2020 lalu saat siang yaitu 3.814 MW dan malam 3.680 MW.

General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya, Doddy B. Pangaribuan mengatakan, bahwa listrik di Jakarta masih dalam kondisi cukup melihat beban puncak yang pernah dicapai di Jakarta maupun beban puncak saat Ramadan tahun lalu.

Siaga pasokan listrik di PLN UID Jakarta Raya didukung dengan kekuatan 2371 personel siaga, 16 Posko Siaga, 6 unit mobil deteksi, 17 unit gardu bergerak, 4 unit kabel bergerak, 6 unit Uninterruptable Power Supply (UPS), dan 20 unit Power Bank PLN.

"Hari ini kita pastikan seluruh pasukan dan peralatan dalam kondisi siap operasi, petugas tetap memperhatikan protokol kesehatan selama bertugas," ujar Doddy dalam pernyataannya, Selasa (13/4/2021).

Selain masjid-masjid yang digunakan untuk ibadah selama Ramadaan, Rumah Sakit dan infrastruktur pendukung pemulihan Covid-19 juga tetap menjadi pantauan utama. Kemudian, PLN juga memantau kelistrikan di rumah masyarakat agar masyarakat bisa beribadah dari rumah dengan nyaman.

PLN juga mempunyai promo dalam rangka menyambut Ramadan yaitu Ramadan Peduli dan Ramadan Berkah yaitu penawaran harga spesial untuk berbagai jenis layanan PLN yang melibatkan program bantuan sosial sebagai nilai tambah dengan skema bundling layanan tambah daya dan Renewable Energy Certificate (REC) serta diskon tambah daya khusus rumah ibadah.

2 dari 3 halaman

PLN Bagi-Bagi Diskon Tambah Daya Listrik Jelang Ramadan, Simak Cara Dapatnya

Jelang Ramadan, PT PLN (Persero) merilis dua program keringanan biaya penyambungan daya listrik untuk pelanggannya. Program ini berlaku hingga 31 Mei 2021.

Program pertama adalah Ramadan Peduli yang diperuntukkan bagi pelanggan rumah tangga daya 450 volt ampere (VA) sampai dengan 7.700 VA.

Keringanan tambah daya diberikan jika pelanggan membeli e-voucher Renewable Energy Certificate (REC) seharga Rp 115.500. Kemudian, pelanggan akan mendapatkan harga promo layanan tambah daya dengan pilihan daya akhir 2.200 VA sampai 11.000 VA dengan biaya hanya Rp 202.100.

Pembelian dilakukan melalui PLN Mobile. Sehingga total biaya yang dikeluarkan untuk program Ramadhan Peduli adalah Rp 317.600. Menurut Bob, untuk tambah daya harga normal dari 900 VA menjadi 2.200VA biasanya mencapai Rp 1,1 juta.

"Saat pelanggan membeli sertifikat REC, pelanggan sudah terlibat aktif dalam membantu lingkungan dan sesama. Sebagian dari pembelian REC ini untuk membantu penyambungan baru bagi masyarakat tidak mampu, untuk diberikan listrik secara gratis," jelas Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan PLN, Bob Saril, dalam konferensi pers pada Selasa (6/4/2021).

Ketika membeli REC dalam program Ramadan ini, kata Bob, maka pelanggan sudah terlibat aktif melestarikan lingkungan dan peduli terhadap sesama.

Sebagian hasil penjualan akan digunakan untuk diinvestasikan kembali pada energi terbarukan, dan sebagian lagi untuk membantu penyambungan baru bagi masyarakat tidak mampu yang akan diberikan listrik secara gratis.

Sementara program kedua adalah Ramadan Berkah untuk pelanggan sosial khusus rumah ibadah dengan daya 450 VA hingga 7.700 VA. Untuk penambahan daya hanya dikenakan satu harga tunggal yaitu Rp 150 ribu dengan pilihan tambah daya dari 2.200 - 11.000 VA.

"Kami meluncurkan dua produk karena ingin mengajak kepedulian para pelanggan listrik kami untuk orang lain," tutur Bob.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: