Sukses

Kevin David Lehmann, Miliarder Termuda di Usia 18 Tahun Berharta Rp 50 Triliun

Liputan6.com, Jakarta - Genap berusia 18 tahun pada bulan September yang lalu, nama Kevin David Lehmann mendadak jadi satu-satunya orang berusia belasan tahun di jajaran orang terkaya dunia tahun ini. Remaja asal Jerman ini dinobatkan sebagak miliarder termuda di dunia versi Forbes.
 
Dalam rilisan terbaru Forbes, Kevin memiliki kekayaan ditaksir mencapai USD 3,3 miliar atau hampir Rp 50 triliun. Sumber kekayaannya ini didapatkan setelah ayah Kevin memberikan setengah kepemilikan sahamnya di sebuah perusahaan apotek.
 
Diketahui ayahnya ialah Guether Lehmann, salah satu pemilik saham mayoritas di jaringan apotek terbesar di Jerman, Drogerie Market (DM). Kevin menerima warisan saham itu saat usianya masih 14 tahun.
 
Mempertimbangkan usianya yang masih terhitung belia saat saham itu ditransferkan, ia belum sepenuhnya bisa menjadi pemilik tunggal harta itu.
 
Kevin masih didampingi oleh perwalian untuk mengawasi hartanya itu sampai usianya menyentuh 18 tahun, batasan usia dimana warga di Jerman mulai memperoleh konsen untuk beberapa urusan. 
 
Kevin mewarisi harta keluarganya yang sudah dibangun sejak puluhan tahun silam. Dimulai saat ayahnya, Guether yang mendirikan perusahaan ritel grosir Pfannkuch pada tahun 1974, kemudian memutuskan untuk berinvestasi pada DM. 
 
DM sendiri didirkan oleh seorang pebisnis terkenal Jerman, Goetz Werner pada tahun 1973. Hingga saat ini, DM telah memiliki 3.700 gerai bukan hanya di Jerman namun hampir di penjuru Eropa. Pendapatan terbaru perusahaan tercatat menyentuh USD 12 miliar atau lebih dari Rp 170 triliun.
 
Sekalipun memegang saham mayoritas perusahaan, baik Kevin maupun ayahnya diketahui tidak terlibat secara operasional dalam urusan perusahaan. Hanya ada sedikit informasi yang bisa diketahui tentang mereka.
2 dari 3 halaman

Jejak Miliarder Remaja di Forbes

Dengan usianya yang masih belasan tahun, tidak mengherankan jika Kevin menjadi salah satu dari segelintir miliarder yang pernah debut di Forbes saat masih remaja. Ada juga beberapa nama miliarder yang pernah dianugerahi prediket serupa.
 
Salah satunya pewaris perusahaan investasi asal Norwegia, Ferd, Alexandra Andresen. Ia memulai debutnya sebagai miliarder saat usianya menginjak 19 tahun pada tahun 2016. Dalam daftar terbaru, saat usianya kini menyentuh 24 tahun Alexandra masih masuk dalam jajaran 10 miliarder termuda dunia. 
 
Alexandra tidak sendiri, kakaknya yang usianya hanya setahun lebih tua darinya juga ikut masuk dalam daftar miliarder termuda dunia ini. Alexandra Andresen dan saudara perempuannya Katharina, masing-masing mewarisi 42 persen saham Ferd.
 
Sementara itu, Kevin juga bukan orang Jerman pertama yang dinobatkan sebagai miliarder termuda. Ada juga nama Albert, seorang aristokrat keturunan bangsawan Jerman dari garis keluarga Thurn und Taxis. Pertalian keluarga bangsawan yang sejak abad ke-16 menjadi penguasa bisnis layanan pos di seluruh Eropa dan kontraktor sejumlah kastil ternama di negeri Panzer.
 
Ia mewarisi harta keluarganya saat ulang tahunnya yang ke-18 pada tahun 2008 silam. Namun kemudian turun dari pangkatnya itu setelah krisis keuangan yang terjadi di tahun yang sama.
 
 
Reporter: Abdul Azis Said
3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: