Sukses

6 Tips Sukses Jalankan Bisnis Online

Liputan6.com, Jakarta - Transaksi nontunai kini sudah menjadi kebiasaan masyarakat Indonesia selama pandemi. Hal ini tak ayal mendorong peluang besar untuk menghasilkan uang secara daring. Salah satunya adalah menjual produk atau layanan Anda melalui internet.

Awalnya, Anda mungkin merasa kewalahan dengan segala prosesnya. Tetapi, tidak perlu khawatir, berikut enam tips untuk membantu Anda menjalankan bisnis e-commerce yang sukses.

1. Miliki koneksi internet yang dapat diandalkan

Seperti yang ditulis oleh Kevin Devoto dalam CoFounder yang dikutip pada Kamis (11/3/2021), kunci sukses terbesar dalam bisnis online adalah memastikan Anda dapat terus terkoneksi dengan internet untuk menerima pesanan, menjawab pertanyaan, dan memperbarui situs web dan halaman media sosial Anda. 

Tanpa koneksi internet yang cepat dan andal, bisnis Anda tidak akan dapat berkembang dan kemungkinan akan kesulitan mengimbangi pesaing. Pastikan Anda memilih layanan penyedia dengan rekam jejak yang terbukti sehingga Anda tidak akan mengalami masalah dengan koneksi. Semakin cepat Anda dapat menanggapi pelanggan dan pesanan, maka semakin baik pula reputasi yang dimiliki.

 

2. Pastikan Anda memiliki dana yang cukup

Memiliki sejumlah dana yang tepat untuk memulai bisnis adalah faktor besar lain dalam kesuksesan. Bergantung pada rencana bisnis Anda, biaya awal bisa jadi cukup besar, jadi Anda perlu bersiap. 

Bisnis akan membutuhkan uang untuk membangun stok dan membeli peralatan yang diperlukan. Anda juga perlu memastikan bahwa Anda mampu untuk mempertahankan bisnis dalam jangka panjang. Jika Anda tidak memiliki simpanan uang tetapi memiliki rekam jejak kredit yang baik, Anda dapat mempertimbangkan pinjaman kredit yang disediakan layanan perbankan untuk membantu Anda memulai.

 

3. Keteraturan adalah kunci

Anda perlu memastikan setiap aspek bisnis berjalan dengan teratur untuk menciptakan citra merek terbaik. Pastikan Anda memiliki peralatan dan ruang kerja yang efisien dalam menyediakan produk atau layanan. 

Jika berjualan suatu produk, pastikan untuk memiliki proses yang teratur untuk menyiapkan pesanan sampai siap untuk dikirim. Anda juga perlu memastikan bahwa keberadaan situs web selalu teratur dan dalam versi mutakhir. Memastikan situs web dan akun media sosial Anda ditautkan dan berisi semua informasi yang relevan akan membentuk citra yang kohesif.

 

**Ibadah Ramadan makin khusyuk dengan ayat-ayat ini.

2 dari 3 halaman

4. Lindungi privasi pelanggan

Saat menjalankan bisnis daring, Anda berkewajiban untuk memastikan bahwa informasi pribadi pelanggan selalu dilindungi. Mempelajari tentang keamanan siber sangat penting untuk menjalankan bisnis yang sukses di bidang internet. 

Beberapa contoh data pribadi pelanggan yang harus dilindungi, meliputi nama, nomor telepon, alamat rumah, dan informasi pembayaran pelanggan. Anda juga perlu memastikan bahwa Anda telah menggunakan koneksi wi-fi yang aman dan akses ke komputer terbatas hanya untuk orang yang berwenang dan diamankan dengan kata sandi.

 

5. Riset kompetitor

Mengetahui siapa pesaing Anda dan apa yang menjadi nilai jual mereka sangat penting untuk dapat berkompetisi dengan sukses. Anda tentunya berharap memiliki keunggulan yang akan mendorong calon pelanggan untuk memilih Anda daripada bisnis serupa lainnya. 

Impian tersebut dapat tercapai dengan memiliki pemahaman menyeluruh tentang kompetitor lain yang menawarkan produk atau layanan serupa. Lakukan riset bahkan sebelum memulai untuk memastikan Anda memiliki kemampuan untuk bersaing dalam industri yang Anda rencanakan. Tinjau produk atau layanan spesifik apa yang ditawarkan oleh pesaing, seperti harga yang mereka pasang, waktu pengiriman, dan fasilitas apa pun yang ditawarkan kepada pelanggan.

 

6. Jangan menyerah

Tidak peduli seberapa banyak perencanaan dan persiapan yang Anda lakukan, kesuksesan tentu tidak terjadi dalam semalam. Anda harus siap untuk tetap fokus pada tujuan meskipun kondisi mungkin berubah menjadi agak sulit. 

Membangun merek dan reputasi yang sukses membutuhkan banyak ketekunan dan kerja keras. Apa pun bisnis yang baru dibangun pasti akan menemui rintangan di tengah jalan. 

Saat itu terjadi, tetaplah positif dan terus bergerak maju. Bagaimana Anda menanggapi rintangan akan menjadi bagian yang penting dari pembentukan reputasi Anda sebagai pebisnis.

 

Reporter: Priscilla Dewi Kirana

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: