Sukses

Survei: Masyarakat Paling Banyak Belanja Smartphone di E-Commerce Selama Pandemi

Liputan6.com, Jakarta - Aktivitas belanja masyarakat sejak adanya pandemi, sudah mulai bergeser dari offline ke online melalui E-Commerce. Berdasarkan hasil survei yang dilakukan MarkPlus, Inc terhadap 500 responden di Jabodetabek, terdapat beberapa kategori produk yang paling banyak dibeli oleh masyarakat.

Adapun survei yang dilakukan berfokus pada perilaku konsumen terkait E-Commerce di tahun 2021. Dengan persentase 66 persen laki-laki dan 34 persen perempuan rentang usia 20 hingga 45 tahun.

“Kategori produk yang paling banyak dibeli dalam 12 bulan terakhir yang pertama adalah produk digital, fesyen, beauty atau kecantikan, makanan dan minuman, perlengkapan rumah, gadget, high-end fesyen, elektronik rumah tangga, perlengkapan ibu, bayi, dan anak-anak serta sports and lifestyle,” jelas Head of High Tech, Property and Consumer Good Industry MarkPlus, Inc. Rhesa Dwi Prabowo, pada siaran virtual Kamis (4/3/2021).

Pembelian pada produk digital sebesar 59 persen, fesyen 48.80 persen, beauty atau kecantikan 41.20 persen, makanan dan minuman 39.00 persen, perlengkapan rumah 38.40 persen, gadget 25.80 persen.

Kemudian, high-end fesyen 30.80 persen, elektronik rumah tangga 25.80 persen, perlengkapan ibu, bayi dan anak-anak 25.40 persen, serta sports & lifestyle 19.80 persen.

Menurut Rhesa, prediksi penjualan produk tertinggi melalui E-Commerce ada pada tahun 2022, berada pada dua kategori, pertama fesyen yang pendapatannya diprediksi akan mencapai 10,4 miliar USD. Kedua consumer electronic and appliances diprediksi mencapai 7,9 miliar USD.

 

**Ibadah Ramadan makin khusyuk dengan ayat-ayat ini.

2 dari 3 halaman

Smartphone

Selain itu, produk digital serta elektronik rumah tangga menjadi salah satu kategori yang banyak dibeli, mengingat aktivitas Work From Home (WFH) dan pembelajaran jarak jauh (PJJ) bagi anak sekolah masing berlangsung hingga saat ini.

Sebanyak 34 persen responden membeli produk gadget di masa pandemi dan pembelian produk elektronik rumah tangga meningkat akibat tren home cooking.

“Selain produk digital seperti pulsa, paket data dan token listrik, 34 persen responden membeli smartphone, tablet dan gadget selama setahun terakhir. 26 persen membeli produk elektronik rumah tangga seperti oven, microwave, blender dan mixer. Mereka juga mulai concern pada aspek orisinalitas,” jelas Rhesa.

Adapun peringkat brand e-Commerce yang paling dipercaya sebagai tempat pembelian produk orisinil secara online, yaitu JD.ID yang berada di posisi teratas, diikuti oleh Tokopedia, Shopee, Blibli, Lazada dan Bukalapak.

Reporter: Anisa Aulia

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: