Sukses

Jokowi: Wisata dan Ekonomi Kreatif Danau Toba Layak Digaungkan ke Seluruh Dunia

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, kawasan Danau Toba, Sumatera Utara menyimpan potensi pariwisata dan ekonomi kreatif (ekraf) melimpah, sehingga layak digaungkan ke seluruh Nusantara hingga dunia.

Menurutnya, dari segi pariwisata alam, kawasan pariwisata super prioritas itu memiliki danau vulkanik yang indah.

"Kawasan ini cantik dengan bentangan danau vulkaniknya. Paduan pariwisata dan hasil ekonomi kreatif yang layak digaungkan ke Nusantara hingga dunia," kata Jokowi dalam peluncuran Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI) bertajuk Beli Kreatif Danau Toba, Sabtu (20/2).

Kemudian, dari sisi ekonomi kreatif, Danau Toba juga memiliki sumber daya potensial seperti busana khas kain ulos yang sudah dikenal oleh masyarakat dunia. Kemudian, hasil alam dari kawasan Toba, seperti kopi sidikalang juga begitu diminati para pecinta kopi.

Hal tersebut dapat menjadi potensi bagi pengusaha UMKM di kawasan Danau Toba untuk mengembangkan bisnisnya. "Kawasan Danau Toba ini memiliki potensi luar biasa yang layak dikembangkan. Para pelaku kreatif dan UMKM Danau Toba sudah sangat dikenal," ujarnya.

Terkait Gernas BBI, Jokowi menjelaskan pemerintah ingin melanjutkan kesuksesan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI) pada 2020.

Pada tahun lalu, Gernas BBI berhasil mengajak lebih dari 3,8 juta pelaku kreatif dan UMKM dan onboard ke e-dagang (e-commerce) untuk bisa meluaskan potensi pasar hingga nasional bahkan mancanegara.

Di kampanye "Beli Kreatif Danau Toba" ini, pemerintah juga akan meningkatkan pendampingan dan edukasi bagi para pelaku kreatif dan UMKM untuk bisa mengembangkan bisnisnya di industri digital.

"Kampanye ini akan dilengkapi dengan edukasi dan pendampingan bagi para pelaku kreatif dan UMKM untuk bisa benar-benar maju di industri digital bukan hanya sekedar bisa on boarding di marketplace," tandasnya.

Reporter : Siti Nur Azzura

Sumber: Merdeka.com

2 dari 3 halaman

Menko Luhut Bakal Bangun 25 Toilet Standar Internasional di Danau Toba

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, pemerintah akan membangun 25 titik toilet di kawasan wisata Danau Toba. Pembangunan toilet ini akan dikerjasamakan dengan organisasi internasional.

"Sekarang kita kontrakan ke Mr Lux. Dia ini yang punya organisasi internasional yang ngurus WC," kata Luhut dalam video di akun instagram @luhut.pandjaitan, Jakarta, Minggu (14/2/2021).

Luhut mengatakan, toilet yang akan dibangun di kawasan Danau Toba ini akan berstandar internasional. "Saya memang menaruh concern khusus soal pengadaan toilet dan air bersih berstandar internasional di sana," kata dia.

Menurutnya, seindah apapun sebuah destinasi wisata bila tidak ada toilet dengan akses air bersih yang baik maka keindahannya akan berkurang. Sehingga fasilitas toilet ini sangat penting. "Jadi WC ini penting. Di tempat-tempat spot turis ini kalau enggak ada WC ini tidak ada gunanya," kata dia.

"Airnya kita ambil dari bawah dan kita bikin sumur tarik ke atas, itu berjalan," sambungnya.

Dia berharap pengadaan 25 toilet ini akan selesai bersamaan dengan proyek pembangunan lainnya. Semisal pembangunan Dermaga Porsea, Balige dan infrastruktur pendukung lainnya.

"Kita berharap 25 tolet ini harus selesai bersamaan dengan semua dari mulai Dermaga Porsea, Balige dan seterusnya," kata dia mengakhiri.

Reporter: Anisyah Al Faqir

Sumber: Merdeka.com

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: