Sukses

Tengok Cara Kemenperin Tingkatkan Daya Saing Industri Kreatif Indonesia

Kemenperin ingin memperkuat ekosistem industri kreatif Indonesia dalam menghadapi tantangan di era ketidakpastian saat ini.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) melalui Direktorat Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka (IKMA) menggelar acara Creative Fest Bali Creative Industry Center (BCIC) secara online pada 3-5 Desember 2020. Tema yang diusung pada Creative Fest BCIC 2020 kali ini adalah "The Challenge in Uncertainty Era".

Sebagai puncak dari seluruh rangkaian program yang telah dilaksanakan, Creative Fest BCIC 2020 menampilkan berbagai program unggulan diantaranya Awarding Indonesia Fashion and Craft Awards (IFCA) 2020. Sehingga pemenang kompetisi fesyen dan kerajinan yang diselenggarakan Kemenperin akan diumumkan pada malam ini.

Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka (IKMA) Kemenperin, Gati Wibawaningsih mengatakan, kompetisi IFCA 2020 bertujuan untuk mencari desainer muda berbakat yang peka terhadap tantangan era baru dalam menjaga sustainability kriya dan fesyen.

Gati melanjutkan, melalui ajang tersebut, pihaknya ingin memperkuat ekosistem industri kreatif Indonesia dalam menghadapi tantangan di era ketidakpastian saat ini. Salah satu nya dengan melahirkan Desainer Muda yang mampu memberikan nilai tambah suatu produk dari sisi penampilan maupun fungsi, namun juga dari sisi efisiensi produksi dan meminimalisir dampak negatif ke lingkungan.

"Melalui desain yang baik, diharapkan bukan hanya akan meningkatkan daya saing produk Industri Kreatif Indonesia, namun juga mendorong peningkatan kualitas hidup manusia Indonesia seutuhnya," imbuh Gati Wibawaningsih dalam acara Creative Fest 2020, Jumat (4/12).

Gati menambahkan, kompetisi ini memperebutkan total hadiah sebesar Rp 130 juta. Selain itu, pemenang mendapatkan kesempatan pembinaan lebih lanjut melalui Creative Business Incubator dan Business Matching.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Daftar Pemenang

Berikut Daftar PemenangSetelah melalui penilaian yang ketat, maka dipilihlah 3 karya terbaik tersebut. Para pemenangnya ialah:

 

KATEGORI FESYEN

Juara I: Seruni Sekar Putri dengan brand "Salayung" (nilai 81,45)

Juara II: Jammy Nikolaus Rahangiar dengan brand "Saparo" (nilai 80,68)

Juara III: Yohanes Arya Duta dengan brand "Sepatokimin" (nilai 76,97)

 

KATEGORI KRIYA

Juara I: Febryan Tricahyo dengan brand "Conture Concrete Lab" (nilai 84,57)

Juara II: Johan Aris Haiva dengan brand "Tera Ceramic Water Filter" (nilai 79,38)

Juara III: William Vijadhammo Lumintan dengan brand "Terra BuanaKara (nilai 72,98).

Reporter: Ssulaeman

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.