Sukses

Kegiatan Belanja dan Rekreasi Masyarakat Mulai Meningkat di Oktober 2020

Momen libur panjang pada Oktober 2020 memang menjadi salah satu faktor terjadinya peningkatan aktivitas masyarakat di berbagai sektor.

Liputan6.com, Jakarta Aktivitas masyarakat tercatat meningkat di berbagai sektor sepanjang Oktober 2020. Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan peningkatan terutama pada aktivitas perdagangan ritel dan rekreasi yang kondisinya memperlihatkan sudah membaik sepanjang Oktober 2020.

Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa, Setianto mengatakan, mobilitas di tempat perdagangan ritel dan rekreasi di bulan Oktober ini sedikit meningkat dibandingkan di bulan September yang lalu. Di mana tercatat 17,8 persen, meningkat dibandingkan September yang 17,3 persen.

"Perdagangan ritel dan rekreasi memperlihatkan bahwa kondisi yang membaik sepanjang bulan Oktober, tetapi masih berada dibawah kondisi normal," katanya di Kantornya, Jakarta, Senin (16/11/2020).

Dia mengakui, momen libur panjang pada Oktober 2020 memang menjadi salah satu faktor terjadinya peningkatan aktivitas masyarakat di berbagai sektor.

Beberapa sektor juga meningkat terjadi di tempat belanja kebutuhan sehari-hari, mobilitas di taman maupun mobilitas di tempat transit.

Untuk mobilitas masyarakat di tempat belanja kebutuhan sehari-hari, memperlihatkan minat masyarakat untuk berbelanja sudah mulai pulih kembali seperti kondisi normal. Bahkan saat libur panjang pada Oktober aktivitas di tempat ini melebihi melebihi kondisi normal.

"Ada peningkatan di atas normal yaitu 0,3 persen sementara di bulan September yang lalu masih minus 2,3 persen," kata dia.

 

Saksikan Video Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Keluar Rumah

Selanjutnya untuk mobilitas atau aktivitas masyarakat di taman, ada lonjakan jumlah kunjungan di masa libur panjang di Oktober.

Utamanya terjadi di kawasan taman yang berada di tempat-tempat pada saat peringatan Sumpah Pemuda 28 Oktober 2020. "Ini meningkat hingga 10 persen dibandingkan kondisi normal," katanya.

Kemudian, untuk di tempat transit tentunya penetapan libur panjang bulan Oktober di akhir juga mengakibatkan peningkatan aktivitas di sektor transportasi.

Baik itu bandara, terminal maupun di stasiun. "Namun demikian aktivitas ditempat ini masih dibawah kondisi normal," tandas dia.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • BPS atau Badan Pusat Statistik adalah Lembaga Pemerintah Nonkementerian yang bertanggung jawab langsung kepada Presiden.

    BPS

  • Belanja bisa dikatakan pula sebagai ongkos atau biaya.

    belanja