Sukses

Wall Street Ditutup Menguat, S&P 500 Cetak Rekor Tertinggi

S&P 500 naik 1,4 persen menjadi 3.585,15 dan membukukan rekor penutupan tertinggi.

Liputan6.com, Jakarta - Bursa saham di Amerika Serikat (AS) menguat pada perdagangan Jumat (Sabtu waktu Jakarta) karena investor bertaruh lagi pada saham yang akan mendapat manfaat dari vaksin Covid-19. Adanya vaksin ini diharapkan efektif dan pemulihan ekonomi di tahun depan.

Dikutip dari CNBC, Sabtu (14/11/2020), S&P 500 naik 1,4 persen menjadi 3.585,15 dan membukukan rekor penutupan tertinggi. Dow Jones Industrial Average melonjak 399,64 poin atau 1,4 persen dan ditutup pada 29.479,81.

Nasdaq Composite naik 1 persen menjadi 11.829,29. The Russell 2000, yang melacak saham-saham kecil, melonjak lebih dari 2 persen ke rekor sepanjang hari, dan membukukan penutupan tertinggi pertama sepanjang masa sejak Agustus 2018.

Saham operator kapal pesiar Karnaval naik lebih dari 7 persen. United Airlines dan Boeing sama-sama naik lebih dari 5 persen. Disney ditutup 2,1 persen lebih tinggi didukung angka kuartalan yang lebih baik dari perkiraan.

Di sisi sektor, energi dan industri naik masing-masing 3,8 persen dan 2,2 persen, membawa S&P 500 naik lebih tinggi. Sedangkan sektor keuangan naik lebih dari 1 persen.

Baik Dow dan S&P 500 mencatat kenaikan mingguan yang kuat, didorong oleh berita Pfizer pada hari Senin bahwa vaksin yang dikembangkannya dengan BioNTech ini efektif lebih dari 90 persen dalam tahap uji coba.

Hal ini menyebabkan perputaran ke dalam siklus saham yang akan mendapatkan keuntungan dari kebangkitan ekonomi tahun depan. Investor membuang saham teknologi yang tertahan selama pandemi.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dampak Berita Vaksin ke Saham

Dow naik 4,1 persen untuk minggu ini, dan S&P 500 ditutup 2,16 persen lebih tinggi selama periode waktu tersebut. Nasdaq yang sangat teknis kehilangan 0,6 persen minggu ini, membukukan kerugian mingguan ketiga dalam empat minggu.

"Berita vaksin positif minggu ini adalah pengubah permainan dalam pandangan kami, karena memungkinkan pasar untuk melihat melalui lonjakan kasus COVID-19 baru-baru ini hingga akhir pandemi yang akan datang dan pembukaan kembali ekonomi yang lebih luas," tulis Marko Kolanovic, Kepala Strategi Kuantitatif dan Derivatif Makro JPMorgan.

Sebelum reli hari Jumat, rotasi dihentikan pada pertengahan minggu karena para pedagang khawatir bahwa peningkatan jumlah kasus virus Corona dapat menghantam perekonomian secara signifikan sebelum vaksin tiba.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.