Sukses

Vaksin Covid-19 Pfizer Bawa Bursa Saham Asia Dibuka Menguat

Bursa saham di Asia-Pasifik naik pada perdagangan Rabu pagi

Liputan6.com, Jakarta Bursa saham di Asia-Pasifik naik pada perdagangan Rabu pagi. Ini karena sentimen investor terus didukung oleh perkembangan positif baru-baru ini di bagian depan vaksin virus corona.

Dikutip dari CNBC, Rabu (11/11/2020), di Jepang, Nikkei 225 naik 1,26 persen di awal perdagangan karena saham pembuat robot Fanuc melonjak 2,25 persen. Indeks Topix juga naik 1,58 persen. Kospi Korea Selatan menambahkan 0,39 persen.

Saham di Australia naik, dengan S & P / ASX 200 naik 1,14 persen.

Indeks MSCI dari saham Asia-Pasifik di luar Jepang diperdagangkan 0,19 persen lebih tinggi.

Saham teknologi di wilayah tersebut tergelincir setelah rekan-rekan mereka di Wall Street mengalami penurunan semalam.

Di Jepang, saham konglomerat Softbank Group tergelincir 2,34 persen. Di Korea Selatan, perusahaan teknologi Kakao mengalami penurunan saham 1,4 persen.

Saham raksasa teknologi China Alibaba dan Tencent yang terdaftar di Hong Kong juga akan diawasi pada hari Rabu. Itu terjadi setelah Administrasi Negara untuk Peraturan Pasar China pada hari Selasa mengumumkan serangkaian rancangan pedoman yang bertujuan untuk mengekang perilaku monopoli pada platform internet.

Fokus investor kemungkinan akan tetap pada situasi virus corona, menyusul pengumuman positif pada hari Senin oleh Pfizer dan BioNTech mengenai potensi vaksin. Meski demikian, jumlah kasus secara global terus meningkat pesat.

“Tema rotasi tetap terlihat di pasar ekuitas,” tulis Rodrigo Catril, ahli strategi mata uang di National Australia Bank, dalam sebuah catatan. Pengembangan vaksin baru-baru ini dari Pfizer dan BioNTech telah "memicu penilaian ulang prospek tahun depan," katanya.

“Teknologi besar yang telah diuntungkan dari perubahan perilaku yang didorong oleh virus (bekerja dari rumah sebagai contoh utama) sekarang tidak disukai sementara saham-saham berkapitalisasi kecil dan yang paling terpengaruh oleh pembatasan jarak sosial telah mengungguli,” kata Catril.

Semalam di saham-saham Wall Street, Dow Jones Industrial Average naik 262,95 poin menjadi ditutup pada 29.420,92. S&P 500 dan Nasdaq Composite, di sisi lain, mengalami kerugian pada hari itu. S&P 500 tergelincir 0,1 persen menjadi 3.545,53 sedangkan Nasdaq tergelincir 1,4 persen menjadi 11.553,86.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mata Uang

Indeks dolar AS, yang melacak greenback terhadap sekeranjang rekan-rekannya, berada di 92,749 setelah naik dari level di bawah 92,4 awal pekan ini.

Yen Jepang diperdagangkan pada 105,23 per dolar, masih turun di bawah 104,3 melawan greenback yang terlihat di awal pekan. Dolar Australia berpindah tangan pada $ 0,728, lebih tinggi dari level di bawah $ 0,72 yang terlihat minggu lalu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.