Sukses

Pengangguran Paling Banyak di Jakarta, Wilayah Lain?

Di Ibu Kota, pengangguran terbuka mencapai 10,95 persen di Agustus 2020

Liputan6.com, Jakarta Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat tingkat pengangguran terbuka (TPT) paling tinggi terjadi di Provinsi DKI Jakarta. Di Ibu Kota, pengangguran terbuka mencapai 10,95 persen di Agustus 2020. Angka ini di atas rata-rata nasional di level 7,07 persen.

"Kenaikan banyak terjadi di banyak provinsi dengan tingkat pengangguran berbeda-beda. Seperti di bali naik tinggi sekali dari 1,57 persen jadi 5,63 persen," kata Kepala Badan Pusat Statistik (BPS), Suhariyanto di Kantor BPS, Jakarta Pusat, Kamis (5/11/2020).

Selain DKI Jakarta, BPS juga mencatat 5 provinsi lain yang tingkat pengangguran terbukanya melewati rata-rata nasional. Banten menjadi tertinggi kedua dengan 10,64 persen.

Kemudian, disusul oleh Jawa Barat sebesar 10,46 persen, Kepulauan Riau sebesar 10,34 persen, Maluku sebesar 7,57 persen, dan Sulawesi Utara sebesar 7,37 persen.

"Kita sadar bahwa dampak COVID menghantam keras sektor pariwisata dan di Bali peran pariwisata besar, juga DKI, Banten, Jawa Barat, Kepulauan Riau naik tingkat penganggurannya," ujar dia.

Sementara provinsi yang jumlah tingkat pengangguran terbuka paling rendah, terjadi di Sulawesi Barat yaitu sebesar 3,32 persen.

 

Saksikan video di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Lulusan SMK Menjadi Pengangguran Tertinggi

Suhariyanto menambahkan, dari seluruh daerah mengalami tingkat pengangguran terbuka bervariasi, TPT tamatan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) masih menjadi yang paling tertinggi dibandingkan dengan jumlah tamatan lainnya. Tercatat pengangguran lulusan SMK mencapai 1,55 persen.

Sementara posisi lulusan universitas tercatat tingkat pengangguran terbukanya hanya mencapai 7,35 persen. Dan TPT terendah justru mereka dengan pendidikan sekolah dasar (SD) ke bawah, yaitu sebesar 3,61 persen.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Pengangguran adalah orang yang tidak bekerja atau bisa disebut dengan tunakarya.

    Pengangguran

  • Penyebaran Covid-19 ke seluruh penjuru dunia diawali dengan dilaporkannya virus itu pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China

    COVID-19