Sukses

Ditjen Perkebunan Bacakan Usulan Varietas yang Disetujui Dilepas

Usulan itu dibacakan oleh Ketua Tim Penilai Varietas (TPV) Tanaman Perkebunan Saleh Mokhtar di Bogor, Selasa (27/10).

Liputan6.com, Jakarta Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Timur, Dinas Pertanian Kabupaten Jombang mengusulkan varietas tembakau dilepas menjadi tanaman perkebunan baru untuk dijadikan benih.

Selain tembakau, ada tiga varietas lain yang diusulkan di Sidang Pelepasan Varietas Tanaman Perkebunan Semester II Tahun 2020 yang dibacakan Ketua Tim Penilai Varietas (TPV) Tanaman Perkebunan Saleh Mokhtar di Bogor, Selasa (27/10). 

Adalah tiga varietas kelapa sawit. Diketahui ada tiga varietas kelapa sawit yang diusulkan PT Gunung Sejahtera Ibu Pertiwi dan disetujui dilepas dengan catatan.

"Tidak dapat mengklaim tahan terhadap crown diseases dan ganoderma," ujar Direktur Perbenihan Perkebunan, Direktorat Jenderal Perkebunan, Kementerian Pertanian, Saleh Mukhtar. 

TPV juga menyatakan bahwa usulan dari Dinas Perkebunan Sulawesi Utara seperti varietas kelapa bernama kelapa dalam Odeska Apela itu tidak dapat mencantumkan klaim tidak ada serangan hama penyakit untuk budidaya organik.

Sementara dua usulan varietas tembakau dari Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Timur, Dinas Pertanian Kabupaten Jombang disetujui dilepas. Sementara tiga tembakau yang diusulkan Dinas Pertanian Kabupaten Banyuwangi juga disetujui.

Terkait usulan kopi arabika buah kuning Sangkuriang dari Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Barat ditolak TPV karena data belum lengkap. Untuk diketahui, usulan varietas yang belum disetujui masih dapat diajukan kembali pada sidang berikutnya. 

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.