Sukses

Pangeran Brunei Abdul Azim Meninggal, Simak Kekayaannya

Putra kedua Sultan Haji Hassanal Bolkiah, Pangeran Haji Abdul Azim meninggal dunia

Liputan6.com, Jakarta Putra Kedua Sultan Haji Hassanal Bolkiah, Pangeran Haji Abdul Azim meninggal dunia diusia 38 tahun pada Sabtu (24/10) sekitar pukul 10.08 pagi waktu setempat.

Tak diketahui pasti apa penyebab meninggalnya pewaris keempat tahta Kesultanan Brunei itu. Namun, diketahui bahwa ia telah menjalani perawatan di rumah sakit selama beberapa waktu sebelum meninggal.

Dilansir dari Meaww.com, Minggu (25/10/2020), semasa hidupnya, sang pangeran dikenal karena kemurahan hati dan pesta mewahnya. Lantaran ia memiliki banyak teman selebriti.

Berkat terjunnya ke Hollywood sebagai produser bersama perusahaan film yang berbasis di London, Daryl Prince Productions yang memproduksi 'You're Not You', Azim tidak asing lagi untuk berbaur dengan orang kaya dan terkenal.

Dengan kekayaannya yang ditaksir sekitar USD 5 miliar tersebut ia juga gemar beramal. Pada 2009, Pangeran Haji Abdul Azim pernah mendesain tas akhir pekan yang bisa digunakan pria maupun wanita (unisex) untuk MCM. Hasil penjualan tas tersebut ditujukan bagi yayasan amal Inggris Make A Wish Foundation.

Selain itu, ia sempat menghebohkan pemberitaan internasional dengan mengadakan pesta ulang tahun pada tahun 2009 yang dijuluki 'Party of the Year'. Ia merogoh kocek 70.000 pound atau USD 91.318 atau sekitar RP 1,3 miliar (USD 1=Rp14,742) hanya untuk bunga-bunga menghiasi acara dan mengundang Mariah, Janet Jackson, dan Sophia Loren.

Sang pangeran sempat dilaporkan memiliki hubungan dekat dengan Mariah, dan pernah menghadiahkan penyanyi wanita itu dengan perhiasan senilai USD 6 juta.

Kemudian di pesta perayaan ulang tahunnya yang ke 30 diadakan di Dorchester Hotel London pada tahun 2012, ia mengundang selebriti dunia seperti Mariah Carey, Pamela Anderson, dan Raquel Welch.

Demikian menurut keterangan, Pangeran Haji Abdul Azim dikebumikan pada hari yang sama sekitar waktu salat Ashar. Saat ini, Brunei pun menjalani tujuh hari masa duka cita yang ditandai dengan masyarakat diminta mengenakan pakaian putih atau pun pita putih di lengan. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Gelar Tahlilan

Kerajaan Brunei Darussalam telah menggelar upacara berkabung atas meninggalnya Pangeran Brunei Abdul Azim, putra Sultan Hassanal Bolkiah, yang tutup usia pada 24 Oktober 2020.

Dikutip dari Borneo Bulletin, Minggu (25/10/2020), Sulltan Brunei beserta istri, dan para anggota monarki, turut hadir dalam upacara yang digelar di Makam Kerajaan kemarin.

The Bulletin juga melaporkan bahwa keluarga kerajaan menggelar doa bersama (tahlilan) selepas upacara pemakaman Pangeran Brunei Abdul Azim.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.