Sukses

Pasangan Menganggur, Tips Agar Keuangan Tak Tergoncang

Ketika pasangan kehilangan pekerjaan mereka, ikuti tips ini agar keuangan tetap stabil

Liputan6.com, Jakarta Pandemi Covid-19 membuat tidak sedikit orang yang kehilangan pekerjaan mereka. Sehingga dapat menyebabkan tekanan finansial dan kehilangan pekerjaan yang menjadi penyumbang terbesar kecemasan dalam sebuah rumah tangga.

Cepat atau lambat pekerjaan baru akan datang, namun jika tidak bisa mengatasinya akan berdampak fatal terhadap pasangan tersebut.

Ketika pasangan Anda kehilangan pekerjaan, penting dan segera untuk membuat rencana ke depan, menetapkan pedoman yang jelas.

Mengutip dari Freemalaysiatoday, Kamis (22/10/2020) berikut beberapa tips untuk mengatasi keuangan ketika pasangan Anda kehilangan pekerjaan:

1.     Sarankan pasangan untuk menjaga pengeluaran seminimal mungkin

Tips ini dilakukan karena terdapat lebih sedikit pemasukkan yang didapatkan dibandingkan sebelum kehilangan pekerjaan.

Sebelumnya, terdapat tujuh kebutuhan dalam penganggaran yang perlu diperhatikan yakni

·      sandang,

·      papan,

·      pangan,

·      transportasi dan komunikasi,

·      pendidikan,

·      kesehatan dan rekreasi

Melihat tujuh kebutuhan yang harus dipenuhi, penting untuk Anda meminta pasangan mengurangi biaya lainnya saat mereka sedang mencari pekerjaan baru untuk memastikan bahwa keuangan tidak merosot.

 

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tips selanjutnya

2.     Komunikasi keuangan yang baik

Keuangan bersama dan rekening bank adalah aspek keuangan yang dapat menyebabkan tekanan keuangan jika komunikasi yang baik tidak diperhatikan. Tentunya terdapat pro dan kontra untuk berbagi rekening bank bersama.

Jika pasangan memiliki akun bersama dan pasangan kehilangan pekerjaan, penting untuk dikomunikasikan bahwa anggaran akan ketat hingga mendapatkan pekerjaan yang baru.

Ingatlah bahwa pasangan juga sedang berjuang dan sedang menghadapi emosi yang negatif dari kehilangan pekerjaan tersebut. Sehingga peran Anda sangat penting untuk tetap menghibur dan memberi semangat kepadapasangan.

Namun jika situasi dan kondisi tidak dapat diselesaikan secara sendiri, maka cobalah untuk konseling dengan para ahli yang terpercaya.

 

Reporter: Tasya Stevany

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.