Sukses

Ayo Serbu, Ada 1.101 Lowongan Kerja di Pontianak

Liputan6.com, Pontianak - Pemerintah Kota Pontianak, Kalimantan Barat membuka kesempatan bagi pencari kerja melalui Pontianak Virtual Job Fair. Lewat situs www.pontianakjobfair.com, sebanyak 1.101 lowongan kerja tersedia, yang terdiri dari 908 lowongan kerja lokal dan 193 lowongan luar negeri.

Virtual Job Fair ini digelar mulai tanggal 19 hingga 21 Oktober 2020. Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono menerangkan, berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, event Job Fair yang biasanya digelar di Gedung Pontianak Convention Center (PCC) secara langsung, tahun ini digelar secara virtual dikarenakan pandemi Covid-19. Meskipun demikian, Edi Rusdi Kamtono berharap tidak mengurangi semangat dan tujuan dari Job Fair ini.

"Melalui Virtual Job Fair ini, harapannya bisa memberikan informasi secara luas kepada masyarakat pencari kerja dan perusahaan yang ingin mencari tenaga kerja sesuai dengan kebutuhan dan kompetensi," kata Edi Rusdi Kamtono seusai membuka Pontianak Virtual Job Fair di Ruang Pontive Center, Senin (19/10/2020) dalam siaran persnya.

Menurut data tahun 2019, angkatan kerja berjumlah 299.065 jiwa. Sedangkan angka pengangguran terbuka berjumlah 27.311 jiwa dengan partisipasi angkatan kerja 61,62 persen. Artinya dari 100 penduduk, usia 15 tahun ke atas sebanyak 61 orang bekerja.

"Kota Pontianak sudah mendapatkan bonus demografi, kalau tidak dilakukan upaya penanganannya, dikuatirkan bisa menyebabkan banyaknya pengangguran," kata Edi Rusdi Kamtono.

Dia menyebut, dalam kondisi pandemi, memang banyak yang kesulitan mendapatkan pekerjaan, bahkan tidak sedikit yang diberhentikan akibat pandemi. Oleh sebab itu, dirinya berharap para investor dan pengusaha bisa berinovasi meningkatkan produksi dan lapangan kerja seluas-luasnya.

"Kita juga memberikan keringanan masyarakat dan investor untuk berusaha, tentu ini membantu menciptakan tersedianya lowongan kerja," kata Edi Rusdi Kamtono.

 

2 dari 3 halaman

Pengiriman Lamaran Online

Kepala Dinas Penanaman Modal, Tenaga Kerja dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMTK-PTSP) Kota Pontianak, Junaidi menjelaskan dengan virtual, bursa kerja memperpendek jarak dan waktu pencari kerja. Mereka cukup memasukkan lamaran secara online melalui pontianakjobfair.com.

"Karena secara online, yang mengakses ada sekitar tiga ribuan calon pelamar ini, padahal baru hari pertama," kata Junaidi.

Perusahaan peserta Virtual Job Fair sebanyak 31 perusahaan yang terdiri dari sektor perbankan, perhotelan, industri, pembiayaan, perdagangan dan perkebunan.

"Kita berharap lowongan yang tersedia ini bisa diisi oleh para pencari kerja," kata Junaidi.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: