Sukses

Sederat Upaya Pemerintah Daerah Cegah PHK Pegawai

Pemerintah daerah menyoroti pentingnya memperhatikan nasib tenaga kerja selama pandemi COVID-19

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah daerah menyoroti pentingnya memperhatikan nasib tenaga kerja selama pandemi COVID-19, termasuk juga tenaga kerja di sektor sigaret kretek tangan (SKT). 

Hal ini yang juga dilakukan oleh Pemerintah Kota Salatiga, Jawa Tengah. Saat ini, ekonomi Salatiga tidak luput dari hantaman pandemi CoVID-19.

Wali Kota Salatiga Yuliyanto mengatakan salah satu sektor yang perlu diperhatikan di Salatiga adalah industri sigaret kretek tangan (SKT) yang juga mempekerjakan banyak tenaga kerja.

“Industri rokok di Salatiga ada dan ini mempekerjakan juga cukup lumayan tenaga kerja, ada sekitar 1.000 lebih karyawan yang ada di sana,” kata dia dalam keterangannya, Sabtu (17/10/2020).

Yuliyanto mengatakan kehadiran industri SKT di Salatiga merupakan bagian dari penyediaan lapangan pekerjaan bagi masyarakat yang ada di Salatiga. Selain itu, industri rokok juga turut memberikan kontribusi bagi daerah Salatiga salah satunya melalui Dana Bagi Hasil Cukai dan Hasil Tembakau (DBHCHT).

“DBHCHT ini adalah bagian dari pajak yang diberikan sharing dari pusat ke daerah dan ini tentunya sudah ada ketentuannya misalnya untuk pelayanan kesehatan, rumah sakit, obat, dan lain-lain. Sehingga kita taat dan alokasikan sesuai dengan anggaran yang dikucurkan dari pusat ke daerah,” katanya.

Yuliyanto mengakui bahwa sektor industri secara umum dan kuliner juga mengalami dampak pandemi sehingga pemkot berupaya untuk tetap mendukung aktivitas jual beli baik di tingkat bawah dan menengah. “Selama ini hampir 1.000 orang lebih yang dirumahkan atau di-PHK. Ini mengakibatkan ekonomi kita juga agak terpengaruh,” ujarnya.

Yuliyanto mengatakan penyesuaian anggaran difokuskan bagi warga atau tenaga kerja yang terkena PHK dengan memberikan bantuan setiap bulannya. Pemkot juga memberikan sembako dan modal kerja untuk membuat usaha.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Relaksasi

Untuk mengatasi situasi ekonomi yang sulit, Yuliyanto mengatakan pihaknya terus memberikan relaksasi untuk meringankan beban warga seperti gratis pembayaran saluran PDAM dan retribusi pajak restoran, rumah makan, dan hotel.

“Keringanan pajak PBB juga kita berikan, juga memberikan bantuan kepada UMKM untuk menggiatkan ekonomi di Salatiga,” kata Yuliyanto.

Sebelumnya, Bupati Jombang Mundjidah Wahab juga menyatakan dukungannya untuk SKT di daerahnya, khususnya saat industri sedang tertekan pandemi. Sebagai salah satu sektor penyerap tenaga kerja yang cukup besar, Pemerintah Kabupaten Jombang turut memperhatikan sektor SKT secara khusus. Hal ini terkait dengan pentingnya sektor SKT terhadap perekonomian masyarakat Jombang.

“Saya berharap agar pelinting rokok ini tetap dipekerjakan,” katanya. Mundjidah mengatakan bahwa sektor padat karya seperti SKT perlu dilindungi sesuai aturan yang berlaku. Hal ini dinilainya sebagai langkah penting untuk membantu tenaga kerja dan mendukung pertumbuhan ekonomi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.