Sukses

Banyak Peserta Tak Lulus Seleksi CPNS 2019, Bakal Buka Pendaftaran Lagi?

BKN mencatat, sebanyak 19.732 formasi pada Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun formasi 2019 yang berpotensi kosong

Liputan6.com, Jakarta - Badan Kepegawaian Negara (BKN) mencatat, sebanyak 19.732 formasi pada Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun formasi 2019 yang berpotensi kosong. Bahkan, sebanyak 5.866 formasi di antaranya sudah pasti nihil lantaran benar-benar tak ada yang mendaftar.

Menindaki kursi kosong tersebut, Deputi Bidang Mutasi Kepegawaian BKN Aris Windiyanto mengatakan, phaknya tidak akan membuka pendaftaran CPNS lagi, melainkan bakal ada optimalisasi pergeseran posisi dari peserta di formasi lain yang memenuhi passing grade, namun tidak diterima karena kalah nilai dari peserta lain.

"Apabila ada formasi yang kosong, maka dapat diisi oleh pelamar yang mengisi jenis formasi lainnya dengan jabatan/kualifikasi pendidikan/unit penempatan lokasi formasi yang sama, serta memenuhi nilai ambang batas atau passing grade SKD formasi umum dan berperingkat terbaik," jelasnya dalam sesi teleconference, Kamis (15/10/2020).

Selain itu, Aris menyampaikan, pergeseran formasi tersebut juga wajib mensyaratkan adanya pemenuhan nilai ambang batas (passing grade) Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) formasi umum dan berperingkat terbaik.

"Ilustrasinya, misalnya ada formasi guru SD di satu kabupaten itu ada 10 untuk 10 SD. Ternyata yang terisi setelah perhitungan awal baru 7. Maka yang 3 dapat diisi dari pelamar dari lokasi lain di kabupaten yang sama, untuk sama-sama guru SD," paparnya.

Aris menjelaskan, perangkingan peserta menggunakan aturan main yang sudah ditetapkan dalam Peraturan Menteri PANRB Nomor 23 Tahun 2018, yakni tentang pemeringkatan berdasarkan nilai total gabungan SKD dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB).

Namun demikian, ia menambahkan, ketika nilai SKD dan SKB setelah digabung hasilnya sama antara dua peserta atau lebih, maka perangkingan dan kelulusannya akan diurutkan mulai dari nilai total SKD.

"Jadi sistem perangkingan sudah mengikuti aturan main ini. Bila nilai total SKD CPNS sama, maka akan diurutkan nilai Tes Karateristik Pribadi (TKP). Kalau masih sama dilihat Tes Intelegensi Umum (TIU). Kalau itu masih sama, maka akan diurtukan pakai IPK tertinggi, kemudian untuk SMA dan sederajat lihat nilai rata-rata yang tertulis di ijazah. Kalau masih sama, maka akan dilihat dari usia peserta, mana yang lebih senior," urainya.

"Namun demikian, berdasarkan pengalaman, nilai yamg sama ini seingat saya belum pernah terjadi. Hasil akhirnya saya belum pernah umumkan sama," ujar Ari

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tak Ada Peserta Lulus, 19.732 Formasi di CPNS 2019 Bakal Kosong

Pelaksanaan seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun formasi 2019 kini telah berakhir. Selanjutnya, Badan Kepegawaian Negara (BKN) dan masing-masing instansi akan melakukan rekonsiliasi data guna menentukan siapa saja pendaftar yang berhak diterima jadi calon abdi negara baru.

Namun, Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian BKN Suharmen memperkirakan, sebanyak 19.732 formasi di CPNS 2019 berpotensi kosong. Ini lantaran tidak adanya peserta yang berhasil lolos hingga ke tahap akhir, yakni Seleksi Kompetensi Bidang (SKB).

"Untuk passing grade yang tidak memenuhi dari jumlah formasinya itu berjumlah 19.732. itu untuk jabatan-jabatan yang pelamarnya tidak memenuhi passing grade," kata Suharmen dalam sesi teleconference, Kamis (15/10/2020).

Bahkan, ia menambahkan, ada sejumlah formasi yang telah nihil pendaftar sejak awal CPNS 2018 dibuka. "Jumlahnya 5.866. Formasi benar-benar kosong dari awal," jelas dia.

Lebih lanjut, Suharmen juga menceritakan awal proses penarikan CPNS 2019 yang telah dilaksanakan sejak tahun lalu. Total formasi yang dibuka pada sesi perekrutan kali ini sebanyak 150.315 kursi.

"Formasi tadi terdiri untuk instansi pusat sebanyak 36.935 formasi untuk 65 instansi pusat, dan untuk instansi daerah sebanyak 113.380 formasi oleh 456 instansi daerah," paparnya.

Suharmen menghitung, sampai proses pendaftaran asal ditutup, jumlah pesertanya mencapai 4.197.218 orang. Angka itu diambil berdasarkan jumlah lamaran yang dikirimkan melalui portal SSCN BKN.

Jumlahnya terus mengerucut setelah dilakukan proses verifikasi oleh pihak instansi. Pasca proses tersebut, pendaftar yang berhasil memenuhi syarat untuk mengikuti ujian Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) sebanyak 3.364.802 orang.

"Setelah dilakukan seleksi, yang hadir ujian itu hanya 3.067.821 orang. Jadi pada tanggal 27 Januari 2020, orang-orang yang ikut seleksi dan sampai dengan berakhirnya pelaksanaan SKD, itu yang hadir adalah 3.067.821 orang," tuturnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • CPNS adalah pegawai yang baru lulus tes seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil tahap pertama.

    CPNS

  • Setelah lolos tahapan administrasi, para peserta CPNS dihadapkan tes kompetensi sebagai syarat kelulusan.
    Setelah lolos tahapan administrasi, para peserta CPNS dihadapkan tes kompetensi sebagai syarat kelulusan.

    Tes CPNS

  • CPNS 2019