Sukses

Ketua Satgas PEN Minta Warga Berbelanja untuk Gerakkan Roda Ekonomi

Menurut Budi lebih bagus uang bantuan anggaran PEN itu digunakan untuk berusaha atau berbelanja, begitupun untuk kalangan menengah atas disarankan untuk berbelanja.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Satgas Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) Budi Gunadi Sadikin meminta kepada masyarakat untuk menggunakan uang mereka yang disimpan di bank untuk berbelanja. Langkah ini agar perekonomian nasional bisa berjalan.

Budi bercerita, ia mendengar informasi bahwa bantuan yang diberikan oleh masyarakat disimpan di bank atau tidak digunakan. Hal ini tentu saja tidak sesuai dengan tujuan adanya bantuan tersebut. Oleh sebab itu, ia pun meminta kepada masyarakat untuk berbelanja. 

“Alhamdulillah artinya orang Indonesia masih punya uang termasuk juga yang di kalangan bawah. Saya dengar dari teman-teman di Kementerian UMKM uang yang disalurkan itu ternyata jadi tabungan mereka di bank,” kata Budi dalam konferensi pers pelaporan realisasi dana PEN secara virtual, Rabu (7/10/2020).

Menurut Budi lebih bagus uang bantuan anggaran PEN itu digunakan untuk berusaha atau berbelanja, begitupun untuk kalangan menengah atas disarankan untuk berbelanja. Agar roda perekonomian Indonesia bisa berputar kembali.

“Kalau memang sarannya selain ditabung akan lebih produktif. Kalau uang itu muter sehingga bisa dibelanjakan atau diinvestasikan ke yang lain. Jadi buat kami memang di kuartal IV kan ini programnya nanti akan kita alihkan bagaimana supaya perputaran roda ekonomi bisa terjadi,” jelasnya.

Lanjutnya, untuk masyarakat yang khawatir membelanjakan uangnya secara offline, bisa berbelanja secara digital melalui e-commerce sehingga lebih nyaman, dan aman.

“Untuk teman-teman kebetulan di kalangan menengah yang bisa akses ke handphone dan toko-toko e-commerce. Jangan lupa untuk stand juga lewat e-commerce, supaya nanti setidaknya ada perputaran roda ekonomi dari pada itu ditabung tidak bermanfaat bagi seluruh rakyat Indonesia,” pungkasnya.

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Realisasi Dana PEN hingga 30 September Capai Rp 318,5 Triliun

Sebelumnya, Ketua Satgas Pemulihan Ekonomi Nasional Budi Gunadi Sadikin, melaporkan realisasi anggaran PEN mulai 4 Juli hingga 30 September mencapai Rp 318,5 triliun.

“Secara signifikan di kuartal III ini secara total sudah Rp 318,5 triliun yang kita salurkan sejak didirikannya Satgas ini dibentuk pada Juli 2020 dari total target Rp 695,2 triliun. Kita berdoa mudah-mudahan penyaluran di Kuartal III Ini bisa memberikan kontribusi yang cukup baik terhadap pertumbuhan ekonomi kita,” kata Budi dalam konferensi pers pelaporan realisasi dana PEN secara virtual, Rabu (7/10/2020).

 

Lanjutnya, secara detail ada 4 program yang menjadi fokus khusus penyaluran PEN yakni perlindungan sosial, Sektoral K/L dan Pemda, UMKM, dan Pembiayaan Korporasi.

“Hampir semuanya juga mengalami kenaikan yang cukup tinggi, khususnya untuk pembiayaan koperasi yang masih 0 persen. Memang ini sifatnya besar-besar dan canggih artinya sekaligus akan masuk diharapkan di kuartal keempat ini sebagian besar dari mereka akan cair,” jelasnya.

Dirinya optimis hingga akhir tahun 2020 seluruh dana PEN bisa disalurkan. Selanjutnya ia memaparkan akselerasi atau kemajuan penyaluran PEN sejak 4 Juli telah mampu merealisasikan Rp 117 triliun dan pihaknya telah berhasil menaikkan Rp 268 triliun pada 5 September 2020.

“Sejak akhir Juli jadi sekitar 2 bulan kita bekerja dan teman-teman bisa lihat peningkatan paling tinggi memang di perlindungan sosial dan UMKM dan sukses. Jadi UMKM ini mungkin saya rasa memang perlu juga disiarkan ada satu program yang baru kita luncurkan di bulan Agustus tapi sudah benar-benar bisa menyerap,” pungkasnya.

3 dari 3 halaman

Terbanyak

Satuan Tugas (Satgas) Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) membeberkan sejumlah realisasi dana PEN hingga 28 September 2020. Diantaranya dalam program perlindungan sosial, paling besar adalah program keluarga harapan (PKH) senilai Rp 36,3 triliun.

“Program keluarga harapan ini sudah bisa tersalurkan Rp 36,3 triliun dan diterima kepada 10 juta penerima manfaat. 10 juta keluarga sekitar 40 juta rakyat miskin di indonesia,” ujar Ketua Satuan Tugas Pemulihan dan Transformasi Ekonomi Nasional, Budi Gunadi Sadiki dalam video konversendi, Rabu (30/9/2020).

Selain itu, program Kementerian Sosial yang juga sudah berjalan dengan cukup baik adalah program kartu sembako. DImana realisasinya mencapai Rp 31,9 triliun dengan 19,4 juta keluarga penerima manfaat.

“Kita juga sudah menyalurkan program bantuan sosial tunai non Jabodetabek sebesar Rp 24,8 triliun. Dan ini juga sudah diterima oleh 9,2 juta 45 manfaat. Kita juga sudah menyalurkan pemerintah melalui program kartu pra kerja sudah disalurkan Rp 19,46 triliun terhadap 5,48 juta penerima,” rincinya.

Sementara, untuk program baru subsidi gaji untuk karyawan, telah terealisasi sebesar Rp 14 triliun dan masih akan berlanjut hingga akhir tahun. Adapun penerima subsidi ini sebanyak 11,65 juta penerima.

“Ada beberapa program lain seperti program BLT dana desa dan program diskon listrik juga sudah disalurkan oleh teman-teman dari Kementerian lembaga juga oleh PLN,” kata dia.

Lainnya, untuk realisasi stimulus UMKM, Budi menyampaikan realisasinya sebesar RP 16 triliun dengan 6,6 juta penerima manfaat.

“Kita sudah menempatkan dana ke perbankan sebesar 59 triliun ini nanti akan diberikan untuk penyaluran kredit ke UMKM yang ada di Indonesia. Kita juga sudah meluncurkan program banpres produktif usaha mikro yang baru diluncurkan di bulan Agustus sama seperti bantuan subsidi gaji. Dan ini sudah disalurkan Rp 16 triliun dengan 6,6 juta penerima manfaat dalam bentuk hibah,” jelas dia. Untuk program subsidi bunga kredit mikro realisasinya sebesar Rp 2,97 triliun kepada 7,67 juta debitur UMKM.

Selanjutnya, untuk program padat karya di sektor kementerian dan lembaga yang khususnya, penyalurannya mencapai Rp 12,76 triliun kepada sekitar 1,97 juta tenaga kerja. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.