Sukses

Bursa Asia Dibuka Beragam, Investor Menunggu Suku Bunga Australia

Liputan6.com, Jakarta - Bursa Asia dibuka beragam pada perdagangan Selasa pagi karena investor masing menunggu keputusan suku bunga yang akan diumumkan oleh Reserve Bank of Australia atau Bank Sentral Australia.

Mengutip CNBC, Selasa (6/10/2020), di Jepang, indeks Nikkei 225 naik 0,42 persen pada awal perdagangan karena saham Softbank Group melonjak 1,69 persen. Sedankan untuk indeks Topix juga naik 0,4 persen.

Di Korea Selatan, indeks Kospi naik 0,73 persen.

Sementara itu, bursa saham di Australia tergelincir dengan S&P/ASX 200 turun 0,25 persen. Data perdagangan Australia untuk Agustus akan dirilis sekitar pukul 8.30 pagi waktu Singapura pada hari Selasa.

Sedangkan indeks MSCI Asia Pasifik di luar Jepang yang merupakan indeks yang jadi patokan bursa Asia diperdagangkan 0,17 persen lebih tinggi.

bursa saham China tutup pada hari Selasa untuk liburan.

Fokus investor tertuju pada kesehatan Presiden AS Donald Trump, ketika dia meninggalkan rumah sakit untuk kembali ke Gedung Putih. Trump masih akan terus dirawat karena diagnosis positif virus corona pada minggu lalu.

Presiden Trump mengatakan bahwa dia akan segera kembali untuk kampanye, dengan waktu kurang dari sebulan jelang pemilihan presiden pada November.

2 dari 3 halaman

Wall Street Melonjak Usai Presiden Trump Mengatakan akan Keluar dari Rumah Sakit

di AS, Wall Street menguat pada penutupan perdagangan Senin (Selasa pagi waktu Jakarta). Bursa saham di Amerika Serikat (AS) menguat setelah Presiden Donald Trump mengatakan bahwa dirinya akan keluar dari rumah sakit pada Senin malam.

Pernyataan dari Trump tersebut mengurangi kekhawatiran tentang ketidakpastian politik jelang pemilu.

Selain itu, harapan investor juga tumbuh dengan adanya kompromi baru dari para anggota parlemen mengenai stimulus baru.

Mengutip CNBC, Selasa (6/10/2020), Dow Jones Industrial Average naik 465,83 poin atau 1,7 persen menjadi 28.148,64. Untuk indeks S&P 500 naik 1,8 persen atau 60,18 poin menjadi 3.408,62. Sedangkan Nasdaq Composite naik 2,3 persen atau 257,47 poin menjadi 11.332,49.

Wall Street melonjak setelah Trump menuliskan dalam twitter bahwa dia akan meninggalkan Pusat Medis Militer Nasional Walter Reed pada pukul 6.30 sore. Artinya, Trump hanya tiga hari dirawat di rumah sakit tersebut karena virus Covid-19.

Dokter Trump yaitu Dr. Sean Conley mengatakan bahwa kondisi Presiden AS terus membaik selama 24 jam terakhir, tetapi Sean Conley memperingatkan bahwa Trump mungkin belum sepenuhnya bisa lepas dari Covid-19.

Sean Conley menambahkan bahwa Trump akan terus menerima obat antivirus remdesivir di Gedung Putih.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini: