Sukses

Mau Punya Asuransi? Kenali Dulu Jenis-jenisnya

Sebagian ada yang setuju dan senang saat memliki asuransi. Sebaliknya, juga ada yang tak terlalu mementingkan harus punya asuransi.

Liputan6.com, Jakarta Apakah Anda memiliki asuransi?. Setiap orang memiliki persepsi yang berbeda terhadap asuransi. Sebagian ada yang setuju dan senang saat memliki asuransi. Sebaliknya, juga ada yang tak terlalu mementingkan harus punya asuransi.

Di luar itu semua, berdasarkan gaya hidup yang Anda jalani tentu tidak akan pernah tahu kapan ancaman datang, masa depan tidak dapat diramalkan. Tetap saja  Anda harus memastikan bahwa segala sesuatu ada persiapannya. Selanjutnya, persiapkan perkiraan kasar dari dampak keuangan dari peristiwa-peristiwa ini.

Membandingkan angka ini dengan pendapatan Anda akan memberikan gambaran tentang jumlah pertanggungan asuransi yang dibutuhkan.

Nah buat yang ingin memiliki asuransi mungkin bisa melihat ini. Sebagai gambaran umum, dilansir dari laman Freemalaysiatoday.com, Jumat (2/10/2020), ada beberapa jenis asuransi:

- Asuransi jiwa

Ini adalah prioritas asuransi  bagi mereka yang memiliki anak kecil dan tanggungan lainnya, yang masih membayar hipotek atau pinjaman pendidikan.

Sebab asuransi jiwa berjangka tidak mahal, tetapi memberikan kompensasi jika seseorang meninggal dalam jangka waktu polis.

Ini adalah pilihan yang baik untuk pertanggungan untuk jangka waktu pendek, katakanlah lima tahun, setelah itu anak-anak akan mandiri secara finansial.

Meski demikian, suransi jiwa juga bisa dimiliki seumur hidup untuk melindungi Anda. Di mana kemudian Anda dapat menarik seluruh nilai tunai polis. Ada beberapa perusahaan yang menawarkan seperti ini. 

- Asuransi kesehatan

Ini adalah sesuatu yang hampir semua orang butuhkan karena biaya perawatan kesehatan semakin tinggi.

Meskipun penyakit atau kecelakaan memang sesuatu yang tidak dapat diprediksi dengan pasti, namun tak ada salahnya memeriksa riwayat penyakit keluargaa. Seperti kemungkinan ada penyakit kelainan atau keturunan dan bisa terjadi di masa mendatang.

Dapatkan asuransi kesehatan di usia dini sebelum gangguan tersebut mendatangi Anda dan gandakan biaya pertanggungan kesehatan. Orang-orang yang sering bepergian lebih mungkin terlibat dalam kecelakaan.

- Asuransi kecacatan

Anda dapat menanggung pendapatan yang hilang saat Anda tidak dapat bekerja karena cacat. Pilih salah satu yang mencakup 60 persen hingga 80 persen dari penghasilan Anda.

 

Saksikan video di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

- Asuransi perawatan jangka Panjang

Bagi mereka yang berusia di atas 70 tahun yang membutuhkan asuhan keperawatan, perlindungan ini membantu menjaga kemandirian finansial tanpa membebani keluarga.

Jika Anda mampu membelinya, Anda harus membelinya.

- Asuransi rumah

Ini diperlukan bagi mereka yang tinggal di wilayah yang rawan bencana alam. Pilih kebijakan yang mencakup penggantian struktur dan harta benda di dalam rumah.

Selain biaya hidup di tempat tinggal sementara hingga rumah tersebut aman untuk ditinggali kembali.

- Asuransi kendaraan

Bagi pemilik kendaraan patut mempertimbangkan hal ini. Apalagi, banyak orang semakin tertarik untuk mengajukan tuntutan hukum dan membayar lebih dari sekadar perbaikan mobil saat terlibat kecelakaan. Anda bisa menghindari hal ini

Membeli mobil dan asuransi lain dari perusahaan yang sama biasanya menghemat uang.  Maka, pertimbangkan pendapatan, kekayaan bersih, kebiasaan mengemudi, jumlah pertanggungan kesehatan dan apakah mobil itu disewakan atau di bawah pembiayaan sebelum mendapatkan asuransi mobil.

- Asuransi bisnis

Asuransi ini dapat membuat perbedaan antara perusahaan yang sukses dan yang bangkrut. Bagi wirausahawan, memiliki asuransi bisnis untuk melindungi dari pertanggungjawaban hukum, kerusakan properti, dan risiko terkait karyawan sangatlah bermanfaat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Asuransi merupakan sebuah layanan yang menawarkan penggantian atas risiko kerugian yang mungkin terjadi akibat peristiwa yang tak terduga.

    Asuransi

  • Tips keuangan adalah beberapa petunjuk praktis untuk mengatur atau mengelola keuangan.

    Tips Keuangan