Sukses

Pesan BI untuk Generasi Baru Indonesia: Harus Bisa Jadi Agen Perubahan

Bank Indonesia baru saja menyerahkan beasiswa kepada 39 Perguruan Tinggi Dalam Negeri

Liputan6.com, Jakarta Bank Indonesia baru saja menyerahkan beasiswa kepada 39 Perguruan Tinggi Dalam Negeri. Hal ini Sebagai bentuk kepedulian Bank Indonesia (BI) kepada dunia pendidikan tanah air.

Deputi Gubernur Bank Indonesia Doni P Joewono mengatakan, dengan adanya fasilitas ini diharapkan mampu menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul dan kompeten.

“Semua kegiatan yang difasilitasi dan disumbangkan melalui GenBI (Generasi Baru Indonesia) ini bertujuan untuk mencapai 3 pilar GenBI. jadi kita ingin penerima beasiswa ini nanti menjadi yang pertama menjadi frontliner. Yaitu menjadi garda terdepan dalam mengkomunikasikan BI secara kelembagaan dan berbagai kebijakan BI kepada sesama mahasiswa dan masyarakat umum,” ujar dia, Rabu (30/9/2020).

Selain itu, Doni mengharapkan agar penerima beasiswa dapat menjadi agen perubahan dalam masyarakat. Termasuk menjadi teladan, baik dari perilaku maupun prestasi.

Pilar ketiga, yakni memiliki jiwa kepemimpinan. “Kita menjadi menjadi future leader, yaitu menjadi pemimpin muda di berbagai bidang dan tingkatan terutama dalam memimpin diri sendiri,” kata Doni.

Sebagai informasi, Generasi baru Indonesia atau yang biasa dikenal dengan sebutan GenBI ialah komunitas mahasiswa penerima beasiswa Bank Indonesia (BI). Terdiri dari beberapa mahasiswa dari berbagai Perguruan Tinggi Negeri pada wilayah terpilih.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dukung Dunia Pendidikan, BI Beri Beasiswa ke 39 Perguruan Tinggi

Sebagai bentuk kepedulian Bank Indonesia (BI) kepada dunia pendidikan di dalam negeri, BI menyerahkan beasiswa bagi 39 Perguruan Tinggi.

Melihat perkembangan kebutuhan pasar tenaga kerja, pada 2020 ini BI tidak hanya memberikan beasiswa untuk S1, namun juga untuk pendidikan vokasi (D3).

“Selain memberikan beasiswa di S1, pada tahun ini BI memberikan beasiswa kepada mahasiswa D3 vokasi, dikarenakan pendidikan global saat ini mengalami pergeseran tren yang mengarah pada peningkatan lulusan tenaga kerja yang terampil dan aplikatif,” ujar Deputi Gubernur BI, Doni P. Joewono dalam sambutannya pada penyerahan beasiswa BI, Rabu (30/9/2020).

Hal ini, lanjut Doni, sejalan dengan program pemerintah untuk mendukung kebutuhan Sumber Daya Manusia (SDM), khususnya untuk memenuhi kebutuhan industri.

“Hal ini menjadi relevan karena vokasi menekankan pengembangan yang praktek terapan yang bukan bersifat teoritis. Hal ini tentunya akan memberikan nilai tambah dibanding dengan pendidikan akademi,” kata dia.

Hingga saat ini, pengembangan kapasitas SDM Bank Indonesia telah dilakukan di 175 perguruan tinggi. Terdiri dari 119 Perguruan Tinggi Negeri (PTN), dan 56 Perguruan Tinggi Swasta (PTS), dengan jumlah penerima sebanyak 25 ribu orang.

“175 perguruan tinggi ini nanti akan melakukan perjanjian kerjasama terutama dalam pembinaan di Departemen Komunikasi di 46 kantor perwakilan Bank Indonesia yang ada di seluruh Indonesia,” kata Doni.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.