Sukses

Serbu, Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 10 Sudah Buka

Pemerintah telah membuka pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 10.

Liputan6.com, Jakarta Manajemen Pelaksana (PMO) Kartu Prakerja kembali membuka sesi pendaftaran untuk gelombang 10 Kartu Prakerja pada Sabtu, 26 September 2020 siang ini. Informasi tersebut disampaikan melalui akun resmi Instagram @prakerja.go.id.

Proses pendaftaran dapat dilakukan melalui situs resmi www.prakerja.go.id. Sebelum mendaftar, calon penerima diwajibkan membuat akun terlebih dahulu.

"Bagi Sobat yang akunnya sudah diverifikasi, jangan lupa untuk login dan klik 'Gabung' ke Gelombang 10 agar dapat masuk ke tahap seleksi," tulis akun @prakerja.go.id, Sabtu (26/9/2020).

Sebelum mendaftar, calon penerima diwajibkan bahwa dirinya berstatus sebagai Warga Negara Indonesia (WNI), lalu berusia di atas 18 tahun, dan tidak sedang sekolah/kuliah.

Untuk proses pendaftaran, calon penerima bisa mengunjungi laman www.prakerja.go.id pada browser handphone atau komputer. Kemudian, calon penerima wajib menyiapkan nomor Kartu Keluarga (KK),lalu masukan data diri, dan ikuti petunjuk pada layar untuk menyelesaikan proses pemeriksaan akun.

Tahap selanjutnya yakni mengikuti Tes Motivasi dan Kemampuan Dasar secara online dengan berbekal kertas dan alat tulis. Jika sudah selesai, calon penerima dapat mengklik 'Gabung' pada gelombang yang sedang dibuka. Nantinya, pengumuman peserta yang lolos seleksi gelombang 10 akan diumumkan melalui SMS.

Jika calon penerima menemui kendala dan punya pertanyaan seputar proses pendaftaran Kartu Prakerja, informasi lengkapnya dapat dibaca di www.prakerja.go.id/faq.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Gelombang 10 Bakal jadi Penutup Program Kartu Prakerja?

Pemerintah hingga kini belum menetapkan jadwal pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 10. Kartu Prakerja Gelombang 10 ini kemungkinan besar akan menjadi tahap terakhir untuk pendaftaran Kartu Prakerja di tahun 2020.

Terkait hal itu, Head of Communication Manajemen Pelaksanaan (PMO) Kartu Prakerja, Louisa Tuhatu mengatakan masih menunggu arahan dari Komite Cipta Kerja (KCK). “Manajemen Pelaksana masih menunggu keputusan dari Komite Cipta Kerja,” ujar dia saat dikonfirmasi Liputan6.com, Jumat (25/9/2020).

Sebagai informasi, hari ini penerima prakerja gelombang 9 diumumkan. “Selamat bagi Sobat yang telah mendapat SMS pengumuman sebagai penerima Kartu Prakerja Gelombang 9,” dikutip dari laman instagram @prakerja.go.id.

Sebelumnya, PMO kartu prakerja menyebutkan jumlah kuota untuk gelombang 9 sebanyak 800.000 penerima. Dengan demikian, total penerima kartu prakerja gelombang 1 hingga 9 telah mencapai 5,4 juta penerima, dari target pemerintah sebanyak 5,6 penerima di tahun 2020.

Rinciannya, gelombang 1 hingga gelombang 3 masing-masing 200.000 penerima. Sementara gelombang 4 sampai dengan gelombang 9, masing-masing 800.000 penerima. Sehingga, sesuai target maka kemungkinan besar gelombang 10 akan dibuka dengan kuota sekitar 200.000 penerima.

Sebagai catatan, jumlah tersebut belum termasuk perhitungan ulang dari peserta Kartu Prakerja yang telah dicabut kepesertaannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Pemerintah membuka Program Kartu Prakerja sejak 2020 untuk membantu masyarakat yang terkena dampak pandemi Covid-19.

    Kartu Prakerja

  • Program Kartu Prakerja adalah program pengembangan kompetensi kerja & kewirausahaan berupa bantuan biaya yang ditujukan untuk pencari kerja.
    Program Kartu Prakerja adalah program pengembangan kompetensi kerja & kewirausahaan berupa bantuan biaya yang ditujukan untuk pencari kerja.

    Prakerja

Video Terkini