Sukses

Harga Minyak Tergelincir usai Kasus Covid-19 di Dunia Meningkat

Harga minyak tergelincir pada hari Jumat dan berada di jalur penurunan mingguan lebih dari 2 persen.

Liputan6.com, Jakarta - Harga minyak tergelincir pada hari Jumat dan berada di jalur penurunan mingguan lebih dari 2 persen. Penyebabnya, meningkatnya kekhawatiran tentang infeksi virus corona yang muncul kembali yang menghancurkan permintaan bahan bakar dan karena ekspor minyak mentah Libya dilanjutkan.

Dikutip dari CNBC, Sabtu (26/9/2020), harga minyak mentah Brent turun 7 sen menjadi USD 41,87 per barel, sementara minyak mentah West Texas Intermediate ditutup 6 sen, atau 0,15 persen, lebih rendah pada USD 40,25.

“Ada batasan di pasar ini sejauh COVID-19 terus membesarkan kepalanya yang buruk di berbagai tempat,” kata John Kilduff, Mitra di Again Capital di New York. “Kami tidak bisa mendapatkan permintaan ini kembali.”

Di konsumen minyak terbesar dunia, Amerika Serikat, infeksi meningkat di Midwest, sementara New York City, yang terpukul paling parah pada musim semi, sedang mempertimbangkan mandat penghentian yang diperbarui. Lebih dari 200 ribu orang telah meninggal karena virus di negara itu.

Konsumsi bahan bakar AS tetap lesu karena pandemi membatasi perjalanan dan menghambat pemulihan ekonomi. Rata-rata permintaan bensin selama empat minggu minggu lalu adalah 9 persen di bawah tahun sebelumnya.

Di bagian lain dunia, peningkatan infeksi virus corona setiap hari mencapai rekor dan pembatasan baru diberlakukan untuk membatasi perjalanan.

Di India, produksi penyulingan minyak mentah pada Agustus turun 26 persen dari tahun lalu, sebagian besar dalam empat bulan, karena penurunan permintaan karena pandemi menghambat aktivitas industri dan transportasi.

Pada saat yang sama, lebih banyak minyak mentah yang memasuki pasar global mengancam pasokan dan mendorong harga turun.

Jumlah rig minyak dan gas AS, indikator awal produksi di masa depan, naik enam menjadi 261 dalam seminggu hingga 25 September, kata perusahaan jasa energi Baker Hughes Co.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Peningkatan Produksi di Libya

Libya baru-baru ini meningkatkan produksi dan Shell untuk sementara telah memesan kapal tanker minyak mentah pertama yang memuat di terminal Zueitina Libya sejak Januari.

Ekspor minyak Iran, sementara itu, telah meningkat tajam pada bulan September yang bertentangan dengan sanksi AS, tiga penilaian berdasarkan pelacakan kapal tanker menunjukkan.

Dolar yang lebih kuat, yang cenderung bergerak berbanding terbalik dengan harga minyak mentah, dalam beberapa hari terakhir juga menekan harga minyak.

"Semakin kuat dolar, semakin sedikit dolar yang dibutuhkan untuk membeli satu barel minyak mentah," kata Bob Yawger, direktur energi berjangka di Mizuho.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.