Sukses

Top 3: Sertifikasi Halal Bakal Tak Lagi Dimonopoli MUI

Berikut ini tiga artikel terpopuler di kanal bisnis Liputan6.com pada Jumat 25 September 2020

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah dan DPR sepakat untuk mencantumkan sertifikasi Jaminan Produk Halal (JPH) ke dalam Rancangan Undang-Undang Omnibus Law Cipta Kerja.

Pelaksanaan sertifikasi produk halal ini diperluas dengan melibatkan unsur organisasi keagamaan untuk percepatan pelaksanaan sertifikasi JPH.

Artikel mengenai sertifikasi Halal tersebut menjadi salah satu artikel yang banyak dibaca. Selain itu masih ada beberapa berita lainnya yang layak untuk disimak.

Lengkapnya, berikut ini tiga artikel terpopuler di kanal bisnis Liputan6.com pada Jumat 25 September 2020:

1. Pemerintah dan DPR Sepakat Sertifikasi Halal Tak Lagi Dimonopoli MUI

Pemerintah dan DPR sepakat untuk mencantumkan sertifikasi Jaminan Produk Halal (JPH) ke dalam Rancangan Undang-Undang Omnibus Law Cipta Kerja.

Pelaksanaan sertifikasi produk halal ini diperluas dengan melibatkan unsur organisasi keagamaan untuk percepatan pelaksanaan sertifikasi JPH.

"Kita sepakati bahwa kewenangan yang selama ini di monopoli MUI dalam melakukan sertifikasi diserahkan ke ormas Islam," kata Ketua Badan Legislasi DPR RI, Supratman Andi Agtas dalam Webinar bertema Menimbang Urgensi Omnibus Law di Tengah Pandemi, Jakarta, Kamis (24/9/2020).

Sehingga organisasi islam seperti Nahdatul Ulama, Muhammadiyah hingga perguruan tinggi bisa memberikan sertifikasi halal sebagaimana yang saat ini dilakukan oleh Majelis Ulama Indonesia. Namun, pemberian label halal pada produk tetap dikeluarkan oleh lembaga sertifikasi yang dikelola Kementerian Agama.

Baca artikel selengkapnya di sini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. PT Taspen Buka Lowongan Kerja Besar-besaran, Buruan Daftar

Bagi Anda pencari kerja, PT Taspen membuka lowongan kerja besar-besaran untuk 21 posisi kerja yang berbeda-beda.

PT Taspen atau Dana Tabungan dan Asuransi Pegawai Negeri adalah Badan Usaha Milik Negara Indonesia yang bergerak di bidang asruansi tabungan hari tua dan dana pension bagi ASN dan Pejabat Negara.

Mengutip dari laman website resminya taspen.co.id, Kamis (24/9/2020) bagi Anda calon pelamar yang berminat untuk mendaftar dan bergabung berikut 21 posisi kerja yang dibuka beserta dengan kualifikasinya:

Baca artikel selengkapnya di sini

3 dari 3 halaman

3. Cara Sejumlah Negara Selamatkan Industri Penerbangan di Tengah Pandemi

Pandemi covid-19 menyebabkan dampak bagi seluruh lini kehidupan, baik kesehatan, sosial, ekonomi, perdagangan, termasuk aktivitas pariwisata dan sektor industri penerbangan. Hal tersebut terjadi karena banyak negara menerapkan kebijakan lockdown.

Bagi industri penerbangan, penerapan pembatasan wilayah atau lockdown sangat menekan karena aktivitas penerbangan total terhenti. Hal ini tentu saja sangat mempengaruhi seluruh lini bisnis di sektor aviasi.  

Beberapa maskapai penerbangan di dunia pun meminta bantuan pemerintah agar aliran modal atau cash flow dapat terjaga. Lalu maskapai di negara mana sajakah yang mendapatkan bantuan dari pemerintah?

Berikut respons kebijakan sejumlah negara di sektor penerbangan menurut Sosiolog Universitas Indonesia Ricardi S Adnan, yang dirangkum oleh Liputan6.com, Kamis (24/9/2020).

Baca artikel selengkapnya di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.