Sukses

Lulus Gelombang 5 tapi Belum Manfaatkan Kartu Prakerja? Siap-Siap Hangus

Manajemen Pelaksana (PMO) Kartu Prakerja membeberkan adanya kemungkinan kepesertaan prakerja yang dicabut

Liputan6.com, Jakarta - Manajemen Pelaksana (PMO) Kartu Prakerja membeberkan adanya kemungkinan kepesertaan prakerja yang dicabut. Hal ini sesuai dengan Permenko 11/2020 tentang kartu prakerja.

Disebutkan, jika dalam kurun waktu tertentu setelah dinyatakan lolos sebagai peserta tidak segera mendaftar pelatihan, maka kepesertaannya akan dicabut.

Melanisr dari laman instagram prakerja.go.id, Kamis (24/9/2020), Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja mengingatkan agar peserta yang sudah dinyatakan lolos agar segera membeli pelatihan pertamanya. Utamanya untuk gelombang 5 yang sudah diumumkan sejak 29 Agustus 2020 lalu.

“Sesuai peraturan Permenko No. 11 Tahun 2020, setiap penerima Kartu Prakerja memiliki waktu 30 hari untuk membeli pelatihan pertama sejak mendapat SMS pengumuman dari Kartu Prakerja,” tulis dalam instagram prakerja.go.id.

Adapun batas pembelian pelatihan pertama bagi penerima Kartu Prakerja Gelombang 5 adalah tanggal 27 September 2020 pukul 23.59 WIB. Bila lewat dari waktu tersebut peserta lolos belum membeli pelatihan pertama, maka kepesertaan Sobat dalam program Kartu Prakerja akan dicabut.

Sebelumnya, Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja Denni Puspa Purbasari menyampaikan, kepesertaan yang dicabut tersebut nantinya direalokasikan untuk peserta-peserta baru pada gelombang selanjutnya.

“Nah ketika dicabut kepesertaannya ini kan berarti ada katakanlah uang yang tidak dipakai. Itu kemudian bisa kita realokasi untuk peserta-peserta baru,” kata Denni.

Dengan demikian, maka jumlah peserta Kartu Prakerja ini bersifat dinamis. Artinya, kuota yang tersisa akan terus mengalami penyesuaian jika ditemukan adanya kepesertaan yang dicabut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Belum Ikut Kartu Prakerja? Masih Bisa Daftar di Gelombang 10

Pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 9 akan ditutup pada hari ini, Senin (21/9/2020), pukul 12.00 WIB. Sebelumnya, pendaftaran gelombang 9 ini telah dibuka sejak Kamis 17 September 2020, lalu.

“Sobat Prakerja, Mimin mau mengumumkan bahwa Gelombang 9 akan ditutup siang ini, tanggal 21 September 2020 pukul 12.00 WIB,” dikutip dari laman instagram @prakerja.go.id, Senin (21/9/2020).

Melalui laman tersebut, Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja mengingatkan bagi yang telah memiliki akun Prakerja, bisa segera bergabung dalam gelombang 9 ini.

Seperti pada gelombang-gelombang sebelumnya, peserta yang lolos akan mendapat SMS pemberitahuan ke nomor yang terdaftar pada akun Prakerja. Rencananya, program ini akan berlanjut pada gelombang 10.

“Bagi Sobat yang belum sempat bergabung ke Gelombang 9, jangan khawatir! Sobat masih bisa bergabung ke Gelombang berikutnya kok,” tulis akun tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Pemerintah membuka Program Kartu Prakerja sejak 2020 untuk membantu masyarakat yang terkena dampak pandemi Covid-19.

    Kartu Prakerja

  • Program Kartu Prakerja adalah program pengembangan kompetensi kerja & kewirausahaan berupa bantuan biaya yang ditujukan untuk pencari kerja.
    Program Kartu Prakerja adalah program pengembangan kompetensi kerja & kewirausahaan berupa bantuan biaya yang ditujukan untuk pencari kerja.

    Prakerja