Sukses

Fakta Terabaikan Cara Miliarder Warren Buffett Kumpulkan Harta Rp 1.198 Triliun

Kunci sebenarnya dari kesuksesan Warren Buffet, dia telah menjadi investor fenomenal selama tiga perempat abad.

Liputan6.com, Jakarta Siapa tak mengenal Warren Buffet. Di usianya 90 tahun, miliarder ini memiliki kekayaan bersih lebih dari USD 81 miliar (Rp 1.198 triliun). Sebagian besar dikumpulkan setelah ulang tahunnya yang ke-50. 

Bahkan harta senilai USD 70 miliar, terkumpul usai Buffet bisa memenuhi syarat untuk tunjangan Jaminan Sosial, di usia pertengahan 60-an.

Melansir dari CNBC, Senin (21/9/2020) banyak orang yang mengaitkan semua kesuksesan Buffett dengan kecerdasan berinvestasi.

Tapi semua kehilangan satu poin penting. Kunci sebenarnya dari kesuksesannya adalah, dia telah menjadi investor fenomenal selama tiga perempat abad. 

Seandainya dia mulai berinvestasi di usia 30-an dan pensiun di usia 60-an, mungkin hanya sedikit orang yang pernah mendengar tentang dia. Berikut beberapa hal yang terabaikan soal kepiawaiannya mengumpulkan harta.

Warren Buffett: Eksperimen pikiran 

Buffett mulai serius berinvestasi saat berusia 10 tahun. Pada saat dia berusia 30 tahun, dia memiliki kekayaan bersih USD 1 juta, atau USD 9,3 juta yang disesuaikan dengan inflasi.

Tetapi bagaimana jika dia adalah orang yang lebih normal, menghabiskan masa remaja dan 20-an menjelajahi dunia dan menemukan hasratnya. Misalnya pada usia 30 tahun kekayaan bersih katakanlah USD 25.000?

Dan katakanlah dia masih terus mendapatkan pengembalian investasi tahunan yang luar biasa yang mampu dia hasilkan sebanyak 22 persen setiap tahun, tetapi berhenti berinvestasi dan pensiun pada usia 60 untuk bermain golf dan menghabiskan waktu bersama cucu-cucunya?

Berapa perkiraan kasar dari kekayaan bersihnya Warren Buffet hari ini?

Bukan USD 81 miliar. Tapi, USD 11,9 juta  (99,9 persen kurang dari kekayaan bersih aktualnya). Secara efektif, semua kesuksesan finansial Buffett dapat dikaitkan dengan basis finansial yang dia bangun di tahun-tahun pubernya dan umur panjang yang dia pertahankan.

Begitulah cara kerjanya. Pikirkan ini dengan cara lain, Buffett adalah investor terkaya sepanjang masa. Tapi dia sebenarnya bukan yang terbaik - setidaknya tidak jika diukur dengan pendapatan tahunan rata-rata. 

Jim Simons, pendiri hedge fund Renaissance Technologies, telah mengumpulkan uang sebesar 66 persen setiap tahun sejak 1988.

Tidak ada yang mendekati rekor ini. Seperti yang baru saja kita lihat, Buffett telah mengumpulkan sekitar 22 persen setiap tahun, sepertiganya. 

Kekayaan bersih Simons sekitar USD 23 miliar. Dia 72 persen kurang kaya dari Buffett. Mengapa bedanya, jika Simons adalah investor yang lebih baik? 

Karena Simons tidak menemukan langkah investasinya sampai dia berusia 50 tahun. Dia memiliki waktu kurang dari setengah tahun untuk digabungkan seperti Buffett.

 Seandainya Simons memperoleh laba tahunan 66 persen, selama rentang 70 tahun Buffett telah membangun kekayaannya, dia akan berharga - tolong tahan napas - USD 63.900.781.780.748.160.000.

 

Saksikan video di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Fakta Lain

Selalu pertimbangkan potensi penggabungan

Mungkin mendengar banyak orang yang mengatakan pertama kali melihat tabel bunga majemuk (atau salah satu cerita tentang berapa banyak lagi yang akan Anda miliki untuk masa pensiun jika mulai menabung di usia 20-an versus 30-an) dapat mengubah hidup mereka. Tapi mungkin tidak.

Apa yang mungkin dilakukannya adalah mengejutkan, karena hasilnya secara intuitif tampak tidak benar. Pemikiran linier jauh lebih intuitif daripada pemikiran eksponensial. 

Misalnya menghitung 8 + 8 + 8 + 8 + 8 + 8 + 8 + 8 + 8 di kepala, Anda dapat melakukannya dalam beberapa detik (72). Tapi jika menghitung 8x8x8x8x8x8x8x8x8, kepala Anda akan meledak (134.217.728).

Bahayanya di sini adalah ketika penggabungan tidak intuitif, kita sering mengabaikan potensinya dan fokus pada pemecahan masalah melalui cara lain - karena kita terlalu banyak berpikir, tetapi karena kita jarang berhenti mempertimbangkan potensi penggabungan.

Investasi yang baik bukanlah tentang mendapatkan keuntungan tertinggi

Ada buku tentang siklus ekonomi, strategi perdagangan, dan lainnya. Tapi buku yang paling kuat dan penting seharusnya berjudul “Shut Up And Wait.” Itu hanya satu halaman dengan grafik pertumbuhan ekonomi jangka panjang. 

Pengambilan praktisnya adalah bahwa perencanaan yang berlawanan dengan intuisi mungkin bertanggung jawab atas sebagian besar perdagangan yang mengecewakan, strategi buruk, dan upaya investasi yang berhasil. 

Anda tidak dapat menyalahkan orang karena telah mencurahkan semua upaya mereka untuk mencoba mendapatkan hasil investasi tertinggi. Secara naluriah sepertinya cara terbaik untuk menjadi kaya.

Tetapi investasi yang baik tidak selalu tentang mendapatkan pengembalian tertinggi, karena pengembalian tertinggi cenderung menjadi hit satu kali yang tidak dapat diulang. 

Ini tentang mendapatkan pengembalian yang cukup bagus yang dapat Anda pertahankan dan dapat diulang untuk jangka waktu terlama. Saat itulah perencanaan berhasil.

Reporter: Erna Sulistyowati

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Investasi adalah penanaman uang atau modal dalam suatu perusahaan atau proyek untuk tujuan memperoleh keuntungan.

    Investasi

  • Warren Buffet adalah salah satu investor yang juga masuk ke dalam jajaran miliarder dunia.

    Warren Buffett

  • Miliarder adalah seseorang yang memiliki kekayaan bersih setidaknya satu miliar (1.000.000.000 atau seribu juta) unit mata uang tertentu.

    Miliarder

  • kekayaan