Sukses

Pertamina Kucurkan Rp 3,5 Triliun untuk 63 Ribu Mitra Binaan Sejak 1993

Liputan6.com, Jakarta - PT Pertamina Persero telah menyalurkan Rp 3,5 triliun dan untuk 63.000 UMKM yang tergabung dalam program kemitraan sejak 1993. Hal ini sebagai bagian dari tanggung jawab sosial lingkungan perusahaan.

“Jadi dalam penyaluran program kemitraan ini, Pertamina juga telah bersinergi dengan berbagai instansi untuk mengoptimalkan penyaluran, juga agar tepat sasaran. Baik itu di level Kementerian yang level BUMN maupun level swasta lainnya,” ujar VP Corporate Communication PT Pertamina, Fajriyah Usman dalam webinar BUMN Energi di tengah pandemi, Sabtu (19/9/2020).

Fajriyah menyebutkan beberapa Kementerian yang menjadi partner strategis. Diantaranya ada Kemenko Maritim dan Investasi yang membawahi sekitar 1000 mitra binaan dengan nilai penyaluran Rp 100 miliar. Kemudian ada Kemenko Perekonomian dengan lebih dari 58 mitra binaan dengan nilai penyaluran Rp 6,27 miliar.

“Ini ada 1000 mitra binaan kami di bawah koordinasi dari Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, dan juga Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian ini juga terdapat lebih dari 58 mitra binaan. Karena memang ini adalah khusus untuk pembiayaan usaha kecil di sektor pangan, ini sudah lebih dari Rp 6 miliar nilai penyaluran yang sudah kami sampaikan,” jelas dia.

Selain itu juga ada penyaluran program kemitraan melalui Perum Perikanan Indonesia untuk penambak udang. Jumlahnya, ada 1000 mitra binaan penambak udang dengan dana yang sudah terealisasi sebesar Rp 92 miliar.

“Kemudian juga dengan PTPN, ini juga bekerjasama dengan petani tebu ada 48.521 mitra binaan. Dan dengan PT Bahana Artha Ventura ini juga kami akan melakukan kerjasama dalam jangka waktu kedepannya dengan nilai penyaluran lebih dari Rp 150 miliar,” beber Fajriyah.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hingga September 2020, Penyaluran Pinky Movement Pertamina hampir Rp 22 Miliar

Nilai penyaluran Program Kemitraan Pinky Movement Pertamina terus bertambah secara signifikan. Hingga pertengahan September 2020 ini, tercatat nilai penyaluran sudah menyentuh angka hampir Rp 22 miliar.

Adapun program ini menyasar outlet dan UMKM pengguna LPG subsidi untuk ditingkatkan kompetensi dan perkembangan bisnisnya.

Vice President Corporate Communication Pertamina, Fajriyah Usman mengatakan, Pinky Movement merupakan program pinjaman modal usaha. Yakni kepada UMKM outlet LPG untuk mengembangkan bisnisnya dengan menjual LPG nonsubsidi, maupun UMKM pengguna LPG subsidi yang ingin beralih menggunakan LPG nonsubsidi sesuai peruntukan.

Sejak program ini dijalankan, Program Pinky Movement telah menyasar setidaknya 2000 outlet dan 100 usaha kecil pengguna LPG subsidi dengan target total penyaluran mencapai Rp 102 miliar.

Menurut Fajriyah, selain pembiayaan, UMKM binaan juga akan mendapatkan pembinaan berupa pelatihan dan asistensi sertifikasi yang dibutuhkan. Tujuan pembinaan ini adalah agar pelaku UMKM tersebut dapat meningkatkan kompetensinya, mengembangkan bisnisnya, dan naik kelas.

Program tersebut sudah menyasar hampir seluruh wilayah operasi Pertamina. Secara besaran penyaluran berada di seluruh wilayah Marketing Operasional Region (MOR) dari Region 1 hingga Region 8.

“Pinky Movement bertujuan meningkatkan kapabilitas UMKM melalui pinjaman modal usaha, kompetensi UMKM melalui pembinaan, serta sekaligus mengedukasi UMKM untuk meningkatkan kesadaran dalam penggunaan LPG subsidi sesuai peruntukannya,” ujar Fajriyah dalam keterangan resmi, Jumat (18/9/2020).

Tujuan digulirkannya Program Kemitraan Pinky Movement ini adalah untuk mendukung UMKM bangkit dari tekanan ekonomi akibat pandemi. Di samping itu, juga menjalankan pembinaan dan pengembangan usaha bagi pelaku UMKM binaannya.

Pertamina juga memberikan pola pendampingan, pembinaan, pelatihan yang terarah serta pemberian fasilitas promosi dan pengembangan pasar dalam ajang pameran, merupakan salah satu cara dalam mendampingi mitra binaan Pertamina untuk tumbuh dan berkembang.

"Bagi pelaku UMKM yang berminat mengikuti Program Kemitraan Pinky Movement, dapat menghubungi melalui telepon Pertamina 135 maupun mengakses situs www.pertamina.com/id/program-kemitraan dan email: pcc@pertamina.com," tutur dia. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Pertamina merupakan salah satu perusahaan BUMN yang bertugas mengelola pertambangan minyak dan gas bumi di Indonesia.

    Pertamina

  • Usaha mikro kecil menengah atau (UMKM) adalah istilah umum dalam khazanah ekonomi.

    UMKM

  • UKM adalah singkatan dari Usaha Kecil dan Menengah.

    UKM

  • BUMN adalah singkatan dari Badan Usaha Milik Negara yang beroperasi di Indonesia.

    BUMN