Sukses

Positif Covid-19, Menteri KKP Edhy Prabowo Jalani Pemulihan di RSPAD Gatot Soebroto

Kondisi kesehatan Menteri Edhy Prabowo saat ini dikabarkan telah membaik. Hal itu diutarakan oleh Ketua Komisi IV, Sudin.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo beberapa waktu lalu dikabarkan positif Covid-19. Kondisi tersebut membuatnya beberap akali harus absen dalam rapat kerja bersama Komisi IV DPR RI.

Namun demikian, kondisi kesehatan Edhy Prabowo saat ini dikabarkan telah membaik. Hal itu diutarakan oleh Ketua Komisi IV, Sudin.

"Sudah sehat. Memang seminggu lalu kurang sehat. Tapi sekarang sudah sehat, kemarin baru ngobrol sama saya (di WA)," ujar Sudin dalam sambungan telepon bersama Liputan6.com, Rabu (16/9/2020).

Meski telah membaik, Sudin menambahkan, Edhy Prabowo saat ini masih harus menjalani masa pemulihan di RSPAD Gatot Soebroto Jakarta. Dalam kondisi tersebut, Sudin mengatakan Edhy Prabowo sudah bisa berkomunikasi seperti biasa.

"Sekarang kabarnya masih di RSPAD Gatot Soebroto. Masih masa pemulihan. Tapi kan bahasa-bahasanya beliau begitu, kapan pak ketua makan-makan lagi?," paparnya.

Kondisi berlainan dialami dua pejabat Eselon I di Kementerian Kelautan dan Perikanan, yang pada Selasa kemarin turut absen dalam rapat kerja bersama Komisi IV. Mereka adalah Direktur Jenderal Pengelolaan Ruang Laut Aryo Hanggono dan Direktur Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan Artati Widiarti.

Sudin menyampaikan, salah seorang diantaranya diinformasikan turut terjangkit positif Covid-19, yakni Aryo Hanggono.

"Kabarnya begitu (Aryo positif). Saya sudah tanda tangan surat kuasa bermaterai, kemarin jam 9.30. Dia sedang sakit," kata Sudin.

Di sisi lain, Artati disebutnya tidak sampai terdampak positif Covid-19 meski kondisi kesehatannya juga tengah tidak baik. "Kalau itu kabarnya dia sakit jantung. Kemarin juga sudah mengabarkan tidak hadir rapat," pungkas Sudin.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Positif Covid-19, Begini Kondisi Terbaru Menteri KKP Edhy Prabowo

Sebeumnya, Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Edhy Prabowo dikabarkan positif terpapar virus Covid-19. Disebutkan dalam pesan berantai, Edhy dirawat di RS Polri di Kramat Jati, Jakarta Timur.

Tertulis, kondisinya semakin menurun sehingga perawatannya dipindahkan ke RSPAD Gatot Soebroto. Dirinya juga masuk ke ruang ICU dan dipasang ventilator untuk nafas dan sonde untuk makanan.

Menanggapi kabar yang simpang siur tersebut, Staf Khusus Menteri KKP Andreau Pribadi menyatakan kondisi sang menteri dalam keadaan yang sangat baik.

"Pak MKP (Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo) saat ini sudah sangat baik. Kondisinya saat ini sedang dalam tahap recovery," ujar Andreau saat dimintai keterangan, Rabu (16/9/2020).

Andreau juga bilang kalau Edhy Prabowo bisa berkomunikasi dengan baik, baik secara langsung maupun melaluk telepon dan media sosial seperti WhatsApp.

"Bisa komunikasi dengan baik, baik komunikasi langsung ataupun melalui telfon or (atau) WA," kata Andreau.

Komisi IV DPR RI membenarkan kabar Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo positif Covid-19. Hal ini diungkapkan langsung Wakil Ketua Komisi IV Daniel Johan. Diketahui, Komisi ini merupakan mitra kerja dari Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Dia memperoleh informasi tersebut dari staf KKP sekitar tanggal 3 September 2020."Iya (positif Covid-19). Saya mendapat kabar dari staf KKP. Dan info yang saya dapat kondisinya sehat. Saya dapat infonya 3 September, tapi tanggal pastinya harus tanya langsung," kata Daniel kepada Liputan6.com, Selasa (8/9/2020) lalu.    

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.